DPRD, Siapa Pengganti Sekda Gresik

KANALINDONESIA.COM, GRESIK: Sejumlah anggota DPRD Gresik memberi masukan terkait siapa pengganti Sekda Kng. Djoko Sulistiohadi yang akan pensiun pada September 2018 mendatang. Salah satunya Ketua Komisi I, Khoirul Huda. Ia meminta agar Bupati Sambari tidak salah pilih dalam menunjuk Sekda.

“Prinsip saya sekda itu orangnya harus bisa bekerja dalam tata kelola birokrasi, dan pemerintah, komunikatif, bisa komunikasi dan bekerjasama dengan DPRD,” ungkap,  Khoirul Huda, Selasa (23/1/2018).

Menurutnya, sekda harus komunikatif, utamanya dengan DPRD yang heterogen karena berasal dari 8 partai yang memiliki karakter dan sudut pandang berberda. “Makanya, sekda mendatang adalah figur pejabat yang harus bisa berbaur dan memahami, serta mengerti heterogenitas anggota DPRD satu dan lainnya. Sehingga, bisa terjalin kerjasama dan komunikasi yang baik,” papar Sekretaris DPC PPP Gresik ini.

Lanjut Khoirul Huda, sekda adalah jabatan strategis yang bersentuhan langsung dengan DPRD mulai dalam soal pengambil kebijakan soal anggaran dan lainnya. “Sekda itu kan selain top leader birokrasi, ia kan juga ketua tim anggaran (Timang) dan ketua tim badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Tim Baperjakat),” jlentreh politikus asal Manyar ini.

Dari enam pejabat calon pengganti Djoko, Khoirul mengaku salah satunya ada yang memenuhi syarat karena dinilainya komunikatif. “Saya secara pribadi sudah menemukannya. Saya tak perlu sekarang menyebutkan sosoknya. Tapi, kami dan mungkin banyak teman-teman DPRD lain sudah bisa melihat dari kinerjanya dan komunikasinya yang terbangun selama ini dengan semua anggota DPRD,” pungkasnya. (wan)