43 Ribu  Petani di Trenggalek Bondong-bondong Daftar Kartu Tani, Begini Pernyataan Bupati Emil Dardak…

KANALINDONESIA, TRENGGALEK: Pemerintah Kabupaten Trenggalek nampaknya sangat serius dalam mementingkan nasib para petani. Seperti yang terjadi di Kabupaten Trenggalek ada sekitar 43 ribu petani sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu tani.

Secara pemanfaatan ke depan program kartu tani ini akan melibatkan distributor, bank serta peran petani sendiri. Sampai saat ini baru sekitar 50 persen saja yang mau mendaftarkan diri. Padahal untuk Kabupaten Trenggalek targetnya sekitar 72 ribu petani yang mendaftarkan.

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengatakan Kartu Tani memberi manfaat bagi petani sehingga bisa membeli pupuk bersubsidi dengan mudah. “Selain itu, dengan adanya Kartu Tani memudahkan pemerintah dalam mengontrol pendistribusian pupuk bersubsidi,” ujarnya, Selasa, (23/1).

Emil Dardak menambahkan, penerbitan Kartu Tani didasarkan adanya permasalahan dalam pengawasan, pengadaan hingga penyaluran pupuk bersubsidi, yang dinilai selama ini tidak tepat sasaran.

“Yang selama ini menimbulkan kondisi kelangkaan dan kenaikan harga di tingkat petani,” tuturnya.

Kartu Tani menjadi upaya distribusi pupuk subsidi dengan skema tertutup dengan Kartu Tani. Kartu yang memiliki saldo tersebut juga bisa digunakan sebagai kartu debit atau tabungan bagi petani.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek Heru Saptono mengatakan, pihaknya menargetkan 72 ribu petani terdaftar untuk mendapatkan Kartu Tani. Namun sampai saat ini baru sekitar 50 persen saja yang mau mendaftarkan diri.

“Sebenarnya kita targetkan sekitar 72 ribu petani yng terdaftar untuk memperoleh kartu tani tersebut. namun dari jumlah 43 ribu petani tersebut sudah ada sekitar 1.000 petani yang mendapatkan kartu tani,” ujarnya.

Dia juga menuturkan bahwa, Kartu Tani memang belum bisa digunakan secara maksimal, karena masih menunggu kesiapan dari banyak pihak. Diantaranya dari distributor, bank yang bekerjasama dan dari petaninya sendiri.

“Namun kami terus menghimbau agar para petani di trenggalek untuk segera mendaftarkan diri. Karena ke depan, Kartu Tani ini akan sangat bermanfaat,” jelas Heru.

Juga ditambahkan, dari 43 ribu petani di Kabupaten Trenggalek sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Tani ada sekitar 1000 petani baru yang mendapatkan kartu tani, khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Tugu dan Kecamatan Trenggalek.(Hamzah)