TNI/POLRI di Trenggalek Kompak Jelang Pengamanan Pilkada Serentak dan Pilpres 2019

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Membangun soliditas TNI dan Polri di Kabupaten Trenggalek dianggap penting . Bahkan rutinitas kerja bareng kedua institusi vertikal ini kerap berlangsung. Selain kerap melakukan acara bersama, dua instansi bidang keamanan ini selalu kompak dalam berbagai kegiatan maupun penugasan. Kekompakan tersebut terlihat pada saat apel pagi bersama TNI/Polri yang digelar di halaman Makodim 0806 Trenggalek pagi ini, Selasa (23/1).

Dalam apel bersama, selain diikuti oleh seluruh anggota dua instansi, bertindak selaku komandan apel Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang S bersampingan dengan Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S mengatakan, menjelang Pilkada Jatim 2018 dan Pemilu 2019, terdapat beberapa kerawanan yang harus diantisipasi oleh semua pihak khususnya TNI dan Polri. Oleh sebab itu, diperlukan soliditas dan kekompakan satu sama lain sehingga kondisi keamanan kabupaten Trenggalek benar-benar kondusif.

“ TNI dan Polri adalah tiang negara. Hari ini, bersama kita buktikan bahwa TNI dan Polri tetap solid dan bersatu dalam menjaga NKRI,’’ ucap Didit

Terkait dengan Pilkada Jatim dan Pemilu, tambahnya, Polres Trenggalek telah menginstruksikan kepada seluruh aparat jajarannya untuk menjaga netralitas.

“ Tidak ada toleransi bagi personel yang terlibat politik praktis atau mendukung baik langsung maupun tidak langsung kepada pasangan calon (Paslon) tertentu,’’ tegas Didit.

Sementara Letkol Inf Dodik Novianto menuturkan, soliditas tidak bisa datang dengan sendirinya. Melainkan harus dibangun dengan menjalin komunikasi yang baik antara TNI dan Polri.

“ Soliditas, kekompakan dan keharmonisan harus kita utamakan dan dijaga, sehingga tercipta aman dan kondusif di Kabupaten Trenggalek khususnya dan sekitarnya,’’ pungkasnya.

Usai apel pagi terdapat acara menarik dan unik, seluruh personel yang hadir menggelar makan pagi bersama-sama. Kegiatan tersebut tidak dilakukan di ruangan khusus, melainkan duduk bersila tanpa alas dilapangan apel itu juga. Tidak tanggung-tanggung Kapolres dan Dandim juga  berbaur bersama anggota seolah tak sekat lagi antara pimpinan dan bawahan.

Uniknya, untuk menunjukkan rasa soliditas yang tinggi, masing-masing personel dari TNI maupun Polri saling suap suapan. Tak ayal, suasana gayeng pun tercipta. Tawa dan canda semakin menambah meriah suasana. (Hamzah)