Ibu Penenggak Racun Serangga, Resmi Ditahan Polisi di Polres Jombang

ES yang sudah dinyatakan sehat oleh dokter saat masih di RSUD Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : ES (26) ibu penenggak racun serangga asal Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur, yang meminumkan racun pada dua anaknya serta menenggelamkan bayinya, hingga meninggal dunia, resmi ditahan oleh Polisi dari Polres Jombang.

Penahanan ini dilakukan oleh Polres Jombang usai kondisi ES dinyatakan sehat secara fisik maupun psikis dan bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya secara hukum. “Hari ini ibu Evy resmi kita tahan di polres setempat,” kata AKBP Agung Marlianto selaku Kapolres Jombang, pada sejumlah wartawan di RSUD Jombang, Selasa 23 Januari 2018.

Bahkan Kapolres Jombang sempat mendatangi tempat ES menjalani perawatan di Paviliun Dahlia RSUD Jombang dan memastikan kondisi ibu sadis tersebut kondisinya membaik. Dalam pertemuan tertutup itu, ibu tiga anak tersebut sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik.

“Hari ini kita sudah buatkan surat perintan penahanan lanjutan. Karena sebelumnya ibu ES ini kita bantarkan ke rumah sakit karena berobat, untuk memastikan kondisi kejiwaan maupun fisiknya membaik,” ungkapnya.

Agung menegaskan, atas perbuatannya ES dijerat dengan pasal 44 ayat 3, 4, Undang-undang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). “Ancamannya hukuman 15 tahun penjara, namun itu nanti majelis hakim yang memutuskan,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu keluarga asal Dusun Sambilanang, Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Jombang Jawa Timur, yang nekat mengakhiri hidupnya dengan cara tragis.

ES perempuan berusia 26 tahun, mengajak ketiga anaknya yakni S laki laki berusia 6 tahun, V perempuan berusia 4 tahun dan U bayi perempuan berusia 4 bulan, bunuh diri di dalam kamar mandi rumahnya. Tragisnya, ketiga anaknya tewas seketika sedangkan sang ibu kritis, namun kini kondisi ibu sadis tersebut sudah membaik.(elo)