BPBD Sumenep Minta Nelayan Mengutamanakn Keselamatan

KANALINDONESIA.COM, SUMENEP: Dalam beberapa hari terakhir, kondisi cuaca yang  di wilayah perairan Sumenep, Madura, Jawa Timur, cenderung tidak menentu. Karenanya nelayan diminta lebih mengutamakan keselamatan daripada penghasilan.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riyadi mengatakan berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), periode Desember 2017 hingga Februari 2018 kondisi cuaca di wilayah kabupaten paling timur Pulau Madura ini cukup ekstrem. Tak terkecuali di wilayah perairan.
“Kami sudah mengeluarkan edaran agar masyarakat, termasuk nelayan, selalu waspada terhadap kondisi cuaca saat ini, Kami telah mengimbau, kalau mau melaut sebaiknya menunggu kabar lebih lanjut dari BMKG” tuturnya rabu (24/1/2018)
kondisi nelayan yang memang dituntut mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi di sisi lain,nelayan juga harus memperhatikan keselamatan dirinya, selain penghasilan.
Seperti diketahui, Sabtu lalu, 20 Januari 2017 lalu di wilayah perairan Sumenep terjadi kecelakaan laut. Sedikitnya delapan orang jadi korban dalam peristiwa tersebut. Satu di antaranya meninggal dunia. Sementara satu orang, hingga kemarin, belum ditemukan.(ziad)