Pasca Longsor..Ini yang Dilakukan Bupati Emil Dardak

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Tanggungjawab sebagai pemimpin daerah , sebagai Bupati Trenggalek tidak pernah surut bagi Emil Elestianto Dardak. Buktinya , dalam tiga hari pasca terjadinya longsor yang  menutup badan jalan jalur utama antara Kecamatan Kampak- Munjungan di KM 16, tepatnya di Dusun Jedeg Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak ditinjau langsung Bupati Emil Dardak. Material longsor yang mencapai panjang 200 meter dengan ketinggan rat-rata 7 meter ini memaksa melumpuhkan jalur utama ke Kecamatan Munjungan Trenggalek yang berakibat tersendatnya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Munjungan hingga membuat permasalahan baru.

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengungkapkan, saat meninjau SPBU yang ada di Kecamatan Munjungan, dirinya mendapati SPBU masih memiliki cadangan BBM untuk beberapa hari ke depan.

“Saya ngecek ke SPBU kemarin, ada cadangan BBM sekitar 40 ribu liter. Dimungkinkan selama empat hari ke depan pasokan BBM di Munjungan aman,” ungkapnya, Rabu, (24/1) di Trenggalek.

Meskipun masih ada pasokan BBM, namun Bupati Emil Dardak  ini tidak mau tinggal diam, dirinya tetap berkoordinasi dengan beberapa kolega di Pertamina, sebagai  upaya pengamanan pasokan BBM di Munjungan.

“Kita upayakan pengguatan jembatan di Ngulungkulon sebagai jalur alternatif distribusi BBM Pertamina dari arah Panggul,” terangnya.

Dimungkinkan, masih kata Emil Dardak , distribusi BBM ke Munjungan akan disesuaikan jalur alternatif yang akan dilalui.

“Mengingat sulitnya jalur distribusi, BBM ini bisa saja didistribusikan melalui drum, tidak lagi menggunakan mobil tanki,” pungkasnya.

Diimbuhkannya, pihaknya juga sedang mempercepat normalisasi keadaan terutama material longsor yang diperkirakan jutaan kubik . Namun pihaknya mengakui jika agar tuntas terkait pencegahan dan penanggulangan bencana tanah longsor yang mengancam di beberapa wilayah di Kabupaten Trenggalek.

“Kita datangkan ahli geologi dari UGM agar hasil dari penelitian itu bisa konkret,” pungkasnya.(Hamzah)