DP3AKB Ngawi Gelar Bimtek PUG Terkait Kesetaraan Gender

Tatik Sri Yuliwati Sekdin DP3AKB Kabupaten Ngawi

KANALINDONESIA.COM, NGAWI: Dipandang dari segi pembangunan, kesetaraan gender merupakan salah satu indikator penunjang terlaksananya program pemerintah. Namun hal itu sering terabaikan karena kurangnya pemahaman tentang apa itu gender.

Untuk menanggulanginya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Ngawi melakukan bimbingan teknis (bimtek) Pengarus Utamaan Gender (PUG) melalui OPD dan Desa maupun Kelurahan lingkup Pemkab Ngawi di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, Rabu (24/01).

Acara tersebut mendatangkan dua orang narasumber yakni dari Ratna Susilanawati Asdep Kesetaraan Gender Bidang Insfrastruktur dan Lingkungan serta Siti Nurahmi Kepala Dinas PP,PA dan Kependudukan Jatim. Tatik Sri Yuliwati Sekretaris Dinas (Sekdin) mewakili Kepala DP3AKB Kabupaten Ngawi Indah Kusumawardhani mengatakan, untuk meminimalisasi ketimpangan dan kesenjangan gender di OPDKabupaten Ngawi perlu adanya PUG.

Dimana dalam PUG itu sendiri sebagai konsep besarnya dan PPRG sebagai instrument untuk mencapai PUG dengan mengevaluasi tujuan, peruntukan gender sesuai Pemendagri Nomor 67 tahun 2011.

“Bimtek ini bertujuan juga meningkatkan wawasan dan pemahaman ASN tentang pentingnya PUG dalam pembangunan citra gender ke depannya. Ini semua dapat berjalan dengan dukungan tim setiap OPD yang telah dibentuk dalam SK Bupati menyangkut peranan gender di OPD dan masyarakat,” terang Tatik Sri Yuliwati Sekdin DP3AKB Kabupaten Ngawi.

Tandas Tatik, secara makna gender, sambung dia, bukanlah jenis kelamin, gender merupakan sebuah keselarasan, kesesuaian, dan keselamatan peran pria dan wanita tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Hal itu akan bisa dilaksanakan secara efisien jika semua elemen bergerak dalam satu kesinambungan dan berjenjang terus menerus. (dik)