TuntuT Pemerataan Kuota FK2D KSB Bentuk Tim PRK PT Mac Mahon

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT : Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D) Kabupaten Sumbawa Barat mengadakan rapat konsolidasi dan membentuk Tim Pengawalan Rekrutmen Karyawan (PRK) PT. Mac Mahon aliansi PT AMNT perusahan tambang emas dan tembaga yang yang beroperasi di Sumbawa Barat, di kedai sawah KTC Taliwang,  Rabu (24/01/2018).

Ketua tim pengawalan rekrutmen karyawan PT Mac Mahon Andi Subandi yang juga Kepala Desa Sapugara Bre saat dimintai keterangan terkait pertemuan tersebut mengatakan,” dalam pertemuan yang kami lakukan tadi telah menyepakati beberapa kesepakatan bersama dan apa yang telah kita tandatangai bentuk kepedulian dan keseriusan kami terhadap masyarakat,” ungkapnya saat dihubungi reporter kanalindonesia.com melalui telpon seluler.

Kepala desa Sapugara Bre itu juga menegaskan jika tuntutan FK2D tidak di akomodir panitia rekrutmen PT. AMNT.

FK2D akan melakukan aksi long macrh bersama masyarakat desa se KSB, dan ia juga  mengutarakan kekahawatirannya terkait rekrutmen tersebut.” jika tidak diakomodir kami akan melakukan long march ,”tegasnya.

”Kuota desa yang kami minta bentuk pemerataan dan yang kami minta jatah desa bukan jatah kepala desa , karena jika kita merujuk dengan sistem yang berjalan kami khawatir masyarakat desa yang wawasannya terbatas tidak lolos di tahapan itu, bagaimana kalau di satu desa warga yang melamar  tidak ada yang lolos karena dikalahkan oleh desa lain yang wawasannya lebih, maka akan terjadi penumpukan di satu desa saja,” paparnya sembari menjelaskan hasil pertemuan FK2D.

Sementara itu ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D) Lukman juga menegaskan agar tim rekrutmen segera mengakomudir tuntutan FK2D sebelum pengumuman hasil tes rekrutmen yang sudah berjalan dari tanggal 14 hingga 17/01/2018 itu.

Dari hasil kesepakatan bersama FK2D  ada lima (5) poin  yang disepakati bersama, diantaranya  poin nomor lima (5) ” Apabila tuntutan ini tidak diakomodir maka kami kepala desa dan masyarakat se kabupaten Sumbawa Barat akan melakukan long march”  tertulis dalam petisi yang ditandatangai dalam  pertemuan  FK2D yang dihadiri 38 kepala desa se kabupaten Sumbawa Barat.(Awi)