Aliansi Serikat Pekerja AMNT Layangkan  Mogok Kerja Masal

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT :Aliansi serikat pekerja PT AMNT batu hijau yang beroperasi di kabupaten sumbawa barat NTB  tanggal 25 /01/ 2018 ini resmi telah menyampaikan surat pemberitahuan mogok kerja kepada jajaran  management perusahaan PT AMNT.

Setelah melewati tahapan sebagaimana yang di syaratkan oleh peraturan perundang dan proses penyelesaian hubungan industrial , serikat pekerja yang tergabung dalam aliansi serikat pekerja PT amnt di batu hijau telah menyampaikan surat perundingan Bipartit secara patut dua kali berturut turut kepada management PT AMNT,

Namun management PT AMNT belum merespon positif niat baik aliansi serikat pekerja untuk menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan yang ada di PT AMNT sejak tahun 2016 SD 2017, Serta serikat pekerja bertekad untuk menjaga dan memajukan perusahaan PT AMNT, Namun disisi yang berbeda management PT AMNT belum meresponnya secara positif niat baik tersebut.

“Dalam suratnya tersebut aliansi serikat pekerja bertekad membantu perusahaan untuk selalu menghargai perjanjian kerja bersama yang telah disepakatinya, dan penerapan secara benar dan positif demi tercapainya keselarasan hubungan industrial secara harmonis , dinamis dan berpancasila,”ucap Zaenuddin Wanden kepada media ini kamis 25/01/2018 mewakili aliansi serikat pekerja  PT AMNT.

Ia juga Zaenuddin Wanden menambahkan ” Secara aturan sebenarnya dari dulu serikat pekerja berhak untuk melakukan hak dasarnya untuk mogok kerja , namun dengan berbagai pertimbangan positif serikat pekerja menunggu respon positif dari perusahaan namun sampai saat ini management batu hijau masih melihat setengah hati  bahwa serikat bukan sebuah elemen yang penting dalam menjalankan hubungan industrial.” ucapnya.

Adapun alasan dan tuntutan serikat pekerja yang tergabung dalam aliansi serikat pekerja yang di hacakan ke media ini adalah sebagai berikut. ” 1.Penerapan secara patut perjanjian kerja bersama di PT amnt, 2. Menolak terjadinya outsourching, karena tidak menjamin adanya Upah yang bersaing dan kejelasan kerja jangkah panjang. 3. Menuntut terpenuhinya fasilitas yang sama bagi eks anggota / pekerja amnt yang tergabung di macmahon sebagaimana pekerja PT amnt seperti perilaku yang diterapkan di Freeport Indonesia terkait penerapan outsourching.

Pembayaran hak hak pekerja yang sedang dalam penyelesaian perselisihan industrial yang saat di tahan oleh management PT AMNT. 5. Hal hal lain yang tidak dibenarkan oleh aturan perundang-undangan seperti larangan untuk mengalihkan operasional tambang kepada perusahaan lain.” kata dia.

Semua poin poin diatas telah disampaikan secara patut kepada jajaran direksi melalui management batu hijau. Bahkan kepada Bupati dan Anggota Dewan terkait Sumbawa barat, Namun management PT AMNT belum memberikan respon poaitifnya, hal ini sangat disayangkan oleh semua pekerja dan aliansi serikat  Sehingga dalam rapat Akbar yang pernah dilakukan. Dinamai pertemuan. Sangkaladi Malik semua anggota/ pekerja telah mengamankan kepada serikat pekerja untuk segera mengambil sikap mogok kerja yang di maksud.(Awi)