Ingin Wujudkan Warganya Punya Rumah layak Huni, Begini Cara Bupati Emil Dardak

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Kehadiran Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Pembantu Trenggalek yang diresmikan oleh Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., diharapkan bisa  mampu membantu pemerintah daerah dalam mendorong kemajuan di bidang pengadaan perumahan layak huni bagi warganya.

Bupati Trenggalek, Emil Eletianto Dardak  menyampaikan terima kasihnya  serta keinginan agar kehadiran Bank BTN ikut terasa di Kabupaten Trenggalek.

“Kita ini memang ingin, waktu itu Bu Rini (Menteri BUMN) ke sini, ingin BTN ini juga hadirnya lebih terasa di Trenggalek, sehingga kita berharap bahwa pembangunan di Trenggalek ini juga ikut di dorong, terutama kebutuhan dasar warga yakni hunian yang layak,” ucapnya.

Melihat kondisi daerah Trenggalek, Bupati Emil juga berharap peran BTN di Trenggalek akan ikut mewarnai pemilihan lahan hunian atau perumahan yang mungkin bisa dibiayainya tanpa ada kesalahan di lahan yang rawan terkena bencana.

“Kami sebenarnya juga menyadari dengan kontur Trenggalek yang dua pertiganya adalah pegunungan, kita perlu pengembangan alternatif hunian-hunian bagi masyarakat Trenggalek di lokasi-lokasi yang seyogyanya lebih aman,” imbuhnya.

Dari informasi yang dihimpun, Bank BTN merupakan salah satu Bank milik BUMN yang berperan aktif dalam mendukung sektor perumahan.

Disampaikan oleh Kepala Kanwil III Bank BTN, Joni Prasetianto, bahwa bisnis utama Bank BTN adalah bagaimana mensukseskan salah satu program Pemerintah yang tertuang dalam agenda kelima Nawacita.

“Kalau melihat data, bahwa kondisi perumahan yang ada di Indonesia itu setiap tahun mengalami backlog (angka kebutuhan rumah), artinya dari sisi developer itu tidak sanggup mengatasi backlog karena jumlah yang dibangun sama yang dibutuhkan sangat kurang,” ungkap Joni.

Untuk itu, menurut Joni, diperlukan akselerasi percepatan baik dari sisi developer dan perbankan yang membiayai, baik itu kredit konstruksi maupun kredit pemilikan rumah untuk konsumen. Salah satu upaya mendorong percepatan tersebut adalah dengan mengembangkan jaringan, melalui outlet-outlet yang dapat mempercepat proses kredit, seperti dibukanya  BTN KCP Trenggalek.

“KCP Trenggalek ini kami bidik, salah satunya melalui kajian yang panjang, kalau di ilmu perbankan ada studi kelayakan. Kabupaten Trenggalek kalau saya perhatikan, pertama, banyak sekali pembangunan infrastruktur, ekonomi, tata kotanya juga mulai maju dan berkembang, apalagi ke depan akan dibangun kawasan ekonomi khusus yang mana itu adalah trigger (pemicu) dari sisi pembangunan ekonomi di Kabupaten Trenggalek,” jelas Joni.

Pada peresmian Kantor Cabang Pembantu Trenggalek tersebut, Bank BTN sekaligus menyerahkan bantuan CSR berupa Mobil Pintar kepada Pemkab Trenggalek yang diterima langsung oleh Bupati Emil Dardak serta didampingi oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri, Joko Santoso dan Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, M.M.( hamzah)