Apel Pagi Sarana Evaluasi Diri di MTs. Sunan Drajat Sugihwaras Lamongan  

Siswa MTs. Sunan Drajat Sugihwaras Kalitengah Lamongan melaksanakan Apel Pagi dipimpin oleh Kepala Madrasah. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN: Ternyata lembaga pendidikan memang beraneka ragam kebijakan dan peraturan tentang perlu-tidaknya apel pagi di lembaga pendidikannya. Ada lembaga pendidikan entah itu sekolah atau madrasah yang melakukan kebijakan apel pagi di setiap pagi dan ada pula yang hanya melaksanakan apel pagi hanya seminggu sekali. Tapi ada pula yang tiga kali seminggu yaitu pada hari Jumat pagi (untuk program pembinaan rohani) dan pada Sabtu pagi (untuk Senam Pagi) di luar Senin Pagi.

Kebijakan itu tergantung pada lembaga pendidikannya masing-masing. Seperti yang ada di MTs. Sunan Drajat Sugihwaras Kalitengah Lamongan ini, apel pagi dilaksanakan satu minggu sekali yakni pada hari Minggu. MTs. Sunan Drajat Sugihwaras merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki kebijakan meliburkan kegiatan pembelajaran pada hari Jum’at seperti lembaga pendidikan keagamaan yang lain.

Menurut Zainul Rohman, Wakil Kepala Urusan Kesiswaan mengatakan, manfaat apel pagi khususnya buat siswa/wi di MTs. Sunan Drajat Sugihwaras sesungguhnya sangatlah besar. Kesempatan yang walaupun singkat ini dapat dipakai untuk menyampaikan informasi-informasi penting berkaitan dengan madrasah.

“Para peserta didik di setiap sekolah/madrasah seharusnya terus-menerus tahu dan mengerti perihal sekolah/madrasahnya. Dan momen apel adalah salah satu kesempatan yang bagus untuk itu. Inilah saat waktu untuk mengup-date informasi sekolah/madrasah”, sambung Zainul Rahman.

Tata aturan apel yang berlaku dalam baris-berbaris yang jika dilaksanakan dengan benar adalah salah satu manfaat tersendiri yang dapat dipetik dari apel pagi. Manfaat ini bisa kepada peserta didik dan bisa pula kepada pendidik. Nilai-nilai disiplin yang terkandung dalam pelaksanaan apel adalah nilai-nilai yang seharusnya diterapkan dalam keseharian warga sekolah di sekolah.

Di sisi lain, kesempatan menyampaikan informasi kepada warga sekolah/madrasah pada saat apel pagi adalah manfaat lain lagi. Harus pula diperhatikan tentunya waktu yang dipergunakan untuk apel pagi. Seperti apel Senin Pagi, apel pagi yang dilaksanakan sekolah/madrasah tentu tidak boleh mengganggu jam-jam belajar yang sudah ditetapkan sekolah/madrasah. Waktu-waktu apel itu adalah waktu-waktu yang memang hanya diperuntukkan untuk melaksanakan apel.

“Waktunya juga tidak harus terlalu lama. Antara 10-15 menit setiap pagi sudah memadai. Dan itu tidak boleh berada dalam jam belajar yang 45 menit itu. Seperti sudah disinggung bahwa pelaksanaan apel sendiri akan berguna untuk melatih disiplin anak-anak sementara sedikit waktu yang dipakai untuk menyampaikan nasehat dan atau pengumuman lainnya juga sangat bermanfaat buat anak-didik”, pungkas Zainul Rohman. (Omdik)