Edarkan Ribuan Pil Dobel L, Dua Warga Ponorogo Dicokok Polisi

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Anggota Unit Reskrim Polsek Sumoroto Polres Ponorogo mengamankan TRA(17) warga Desa Kutuwetan, Kecamatan Jetis dan TM warga Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Ponorogo,Jatim, diduga sebagai pengedar pil dobel L, Selasa(30/01/2018) di warung makan masuk Desa/ Kecamatan Kauman Kabupaten  Ponorogo.

Penangkapan kedua pelaku bermula saat  dua anggota Polsek Sumoroto yakni Ari Wibowo dan Abu Bakar Assidiq sedang makan di warung yang berada di Dukuh Merbot Desa/ Kecamatan Kauman.

Pada saat bersamaan terdapat dua orang yakni AAP dan AS yang juga makan diwarung tersebut. Disaat AAP akan membayar makanan tanpa sengaja ada barang berupa bungkusan plastik didalam saku jaket milik AAP ikut terambil kemudian jatuh ditanah.

Ari Wibowo yang juga anggota Polri yang melihat ada bungkusan plastik terjatuh merasa curiga yang kemudian mengambil barang tersebut dan setelah diamati  ternyata bungkusan tersebut berisi pil doble L.

Yang kemudian AAP dan AS dibawa ke Polsek Sumoroto untuk dilakukan intergosi.

“Dari pengakuan keduanya, pil dobel L tersebut dibeli dari TRA. Kemudian anggota Unit Reskrim Polsek Somoroto melakukan penangkapan terhadap TRA dan dilakukan pemeriksaan untuk pengembangan kasus,”ucap Kasubbag Humas Polres Ponorogo,AKP Sudarmanto.

Dari hasil pengembangan, TRA mengaku jika pil doble L tersebut dibelinya dari pelakuTM warga Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Ponorogo.

Dari tangan TM, Polisi berhasil menemukan pil doble L yang masih dibungkus plastic sejumlah 1000 butir.

Atas perbuatanya tersebut, pelaku dijerat dengan pasal 196 UU RI No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, yaitu setiap orang yang dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dan mutu.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan satu bungkus plastik yang berisi  seribu butir pil doble L dan uang tunai sebesar Rp. 250.000,-.(WA)