Pencaker  Meminta Dipertemukan Dengan PT MacMahon

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT: Warga Kecamatan Maluk dan Kecamatan Jereweh meminta agar Pemda fasilitasi pertemuan dengan PT. MacMahon.Permintaan tersebut disampaikan warga saat mengunjungi bupati di Gedung Graha Fitrah komplek KTC KSB.

Juru bicara Warga Kecamatan Maluk dan Jereweh, Abdul Malik menyampaikan beberapa keinginan kepada Bupati dan Wakil Bupati. Salah satunya adalah agar dipertemukan dengan manajemen PT. Macmahon. “Kami hanya mohon bantuan agar bisa dipertemukan dengan pihak PT. MacMahon sebagai langkah terakhir untuk meminta tambahan tenaga kerja,” kata Abdul Malik, Selasa (30/1/2018).

Menanggapi permohonan tersebut, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin,  mengatakan, Pemerintah Daerah akan membantu memfasilitasi. Namun sesuai tata cara yang ada, Pemda akan menyurati terlebih dahulu pihak PT. Mac Mahon.

Aksi warga Maluk dan Jereweh ini merupakan reaksi atas hasil seleksi tulis perekrutan tenaga kerja PT. MacMahon untuk kategori non skill.

Bupati menjelaskan, khusus kategori tenaga kerja non skill, kedepannya oleh PT. Mac Mahon akan didik menjadi pekerja skill. Proses rekrutmen ini dilakukan oleh tim yang independen dan transparan, Pemerintah daerah hanya memastikan proses rekrutmen dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dan sebisa mungkin mengakomodir masyarakat lokal KSB.

Jika menggunakan standar nasional yang diterapkan tim ECC dari UGM (Universitas Gajah Mada), maka yang lulus dari tes tulis hanya 242 orang. Bahkan dari lingkar tambang hanya 1 orang saja. Kemudian selaku ketua tim, bupati meminta standar diturunkan menjadi standar regional, sehingga yang lulus warga lokal adalah 447 orang. Dirasa masih kurang, kemudian meminta tim menurunkan standar penilaian ke standar rata-rata dan keluarlah angka 992 orang.

Dari angka 992 orang yang lulus tersebut, lanjut bupati, untuk mengisi tenaga non skill 327 orang, maka luluslah sebanyak 163 orang khusus warga lingkar tambang. 70 orang lagi orang luar KSB. Dan sisanya adalah warga lokal KSB. Angka ini pun sangat memuaskan atau sangat tinggi. Angka ini telah melebihi ketentuan Peraturan Bupati Sumbawa Barat Nomor 9 tahun 2010 yang mengatur agar perusahaan di KSB mempekerjakan 50 persen warga lokal KSB.

Bupati meminta agar warga bersabar.  Untuk kategori skill yang lulus hanya 145 orang. Sementara 250 orang belum terisi. Tentunya warga lingkar tambang khususnya dan warga lokal KSB akan diperjuangkan untuk diakomodir.

‘’Saya akan perjuangkan, untuk pekerjaan non skill agar bisa diambil dari warga lokal. Termasuk untuk mengisi tenaga skill 250 orang, kita usahakan warga lokal. Namun tentunya tetap harus melalui proses seleksi dan test hanya saja persyaratannya kita kurangi, misalnya persyaratan maksimum umur ditambah dan lain sebagainya,” terang Bupati.

Hadir dalam pertemuan ini Bupati selaku ketua tim seleksi bersama PT. MacMahon didampingi Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten pemerintahan dan aparatur, kepala dinas tenaga kerja dan kasat polpp. Sementara perwakilan masing-masing kecamatan oleh Camat dan para kepala desa.(Awi)