Truk Susu Pulung Ponorogo Terguling, Ini Kisahnya…

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Kecelakaan tunggal karena sopir mengantuk berat mengakibatkan nahas bagi, To’at (42), warga RT 1 RW 5 Dusun Tamban Kedawung Desa / Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri hingga truk yang dikemudikannya terguling akibat menabrak ring road di jalan raya Sukarno-Hatta Kelurahan Kelutan Kecamatan Trenggalek.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara, kejadian yang berlangsung , Rabu, (31/1), 00.30 WIB itu , truk dengan nopol AG 8155 L , yang bermuatan tangki berisi susu segar 5000 liter itu dalam posisi arah utara yakni arah dari Ponorogo menuju arah ke selatan , sebuah pabrik susu di Kabupaten Pasuruan melabrak ring road hingga terguling .

Akibatnya tumpahan susu meluber di ruas jalan utama di Trenggalek serta body truk ringsek berikut kerusakan pada bagian depan dari mobil operasional pengusaha susu di wilayah Pulung Ponorogo ini. Sedangkan korban tidak terluka sekalipun mobilnya sempat terguling.

Kapolres Trenggalek, AKBP Didit BWS melalui anggota Unit III Laka Polres, Brigadir Rendi Okta mengatakan , kondisi jalan yang sepi karena sudah larut malam , memungkinkan pengemudi melajukan kendaraannya dengan kencang.

“Sopir truk mengemudikan dalam keadaan kencang karena situasi lalin juga sedang sepi ,” ucapnya, saat dikonfirmasi di TKP.

Posisi itu justru pengemudi tidak waspada karena setelah diperiksa ternyata To’at sang sopir truk dalam kondisi mengantuk hebat dengan alasan sebelumnya kurang tidur. Dari ketidakwaspadaannya akibatkan mobil menabrak ring road yang ada di sepanjang jalur itu.

“Mobil langsung menabrak tembok pembatas karena tudak dikuasainya,” lanjutnya.

Polisi yang mendapati laporan, masih keterangan Brigadir Rendi Okta, langsung mendatangi TKP dan langsung mengevakuasi badan mobil yang sudah dalam posisi merintang miring menghalang jalan raya .

“ Kita langsung lakukan olah TKP dan secepatnya kita upayakan evakuasi mobil truk itu,” terangnya.

Dikatakannya, luberan susu akibat tumpahan dari tangki membuat evakuasi berjalan agak lamban. Sementara arus lalu lintas dialihakan di lajur barat akibat lajur timur buntu terisi badan truk yang terguling.

“Ada sekitar 3 jam baru bisa dievakuasi karena luberan susu yang banyak menyebabkan kondisi aspal jalan juga agak pekat serta licin,” ungkapnya.

Kini lanjutnya, truk bernopol AG 8155 L berikut pengemudi To’at diamankan di Mapolres Trenggalek, Unit lakalantas untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

“Jalan Sukarno-Hatta sudah normal kembali, kini sopir dan kendaraannya kita amankan di laka,” pungkasnya. (ahmad)