5-6 Februai 2018 Dispar KSB Gelar Baunyale

Abdurrahman kabid dispar KSB

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT: Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui dinas pariwisata terus mematangkan persiapan Festival Bau Nyale (menangkap cacing laut) yang akan dipusatkan di Pantai Senutu Ai’kangkung kecamatan sekongkang, KSB, 5-6 Februai 2018 mendatang.

“Kami sedang  mematangkan mempersiapkan festival bau nyale yang insya allah pada tahun ini akan kami gelar. Semoga dengan di adakannya festival ini akan membawa dampak yang positif untuk kemajuan pariwisata di sumbawa barat khususnya di kecamatan sekongkang” ujar Abdurrahman, kepala bidang pemasaran dispar KSB , senin  (30/1/2018) kemarin.

Menurutnya, Sebagai tuan rumah (Dispar KSB), pihaknya memiliki kepentingan yang cukup besar, terutama dalam mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kabupaten sumbawa barat.

“Tapi tentu di festival  ini perlu ada penguatan kerja sama dari pemerintah desa dan pemerintah kecamatan itu sendiri dan yang paling edalah kerja sama masyarakat setempat ,” katanya.

Dinas  Pariwisata menginginkan penyelenggaraan Festival  Bau Nyale dapat mendongkrak kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Jika kita  bicara  Bau Nyale, tentu ada target yang ingin kita hasilkan di sana , namun  seperti apa langkah kita dan seberapa jauh event itu mendatangkan kunjungan, itu yang akan kita genjot,” kata kabid Pemasaran dispar KSB.

Selain mendongkrak kunjungan wisatawan baik wisatawan lokal dan mancanegara, tidak kalah penting dari sebuah kegiatan, yakni pemberdayaan masyarakat. Salah satu konsep pariwisata adalah pemberdayaan masyarakat.(Awi)