Stabilkan Harga Beras, Bulog Gelar Operasi Pasar di Trenggalek

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Bulog Sub Divre 10 Tulungagung di Gudang Bulog Karangsoko Kabupaten Trenggalek melakukan operasi pasar di wilayah Kabupaten Trenggalek. Pasar murah ini sebagai antisipasi kebutuhan pokok yang kini mengalami kenaikan tajam.

Dari pantauan harga  beras medium dengan harga Rp 9.450 per kilogramnya  atau sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah,akan tetapi Gudang Bulog Karangsoko menjual beras medium langsung di lokasi Pasar Subuh Surondakan dan Pasar Basah hanya dengan harga Rp 8.100/kilogram.

Kepala Bulog Divre 10 melalui Kepala Gudang Bulog Karangsoko Ashadi,   Gudang Bulog Karangsoko, mengatakan awal tahun 2018 ini , Bulog sengaja  menggelar operasi pasar, karena masyarakat sudah menglami kekhawatiran akan  harga beras yang akan naik di tingkat pengecer. Maka itu pihaknya perlu untuk mengintervensi agar tidak terjadi lonjakan harga.

“Operasi pasar kali ini diharapkan dapat menstabilkan harga beras di pasaran, khususnya beras medium,” katanya, Rabu ( 31/1).

Ashadi menambahkan, komoditi beras menjadi salah satu perhatian pemerintah, karena beras merupakan salah satu kebutuhan strategis. Hari ini ada 13 Sub Divre di seluruh wilayah yang ada di  Jawa Timur melakukan operasi pasar secara serentak.

“Stok kita yang ada di Gudang Bulog Karangsoko sangat cukup  jadi untuk bulan ini dan bulan depan stok kita cukup aman,” tambah Ashadi.

Ashadi menjelaskan, hingga kini stok bulog di divre 10 Gudang Bulog untuk beras premium sekitar 110 ribu ton. Dengan stok tersebut, diperkirakan sangat cukup dan masyarakat Trenggalek tidak perlu khawatir.

“Operasi pasar ini merata di seluruh Jatim, untuk masyarakat Trenggalek yang membutuhkan beras premium dengan harga murah tinggal tunggu operasi pasar di wilayah Trenggalek yang tentunya sudah kita jadwalkan,” pungkasnya .(ahmad)