Jelang Pilgub Jatim 2018, Polres Lamongan Berhasil Tangkap Pelaku Pemalsu KTP

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Kepolisian Polres Lamongan berhasil menangkap pelaku pemalsuan KTP jelang Pilgub Jawa Timur 2018 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Pelaku ditangkap dengan sejumlah barang bukti mesin cetak dan perlengkapan lainnya.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan Kepolisian Polres Lamongan LP./ 06/I/2018/JATIM/RESLAMONGAN,Tanggal 21 Januari 2017, pelaku TM (47) warga Kelurahan Babat, Kecamatan Babat, Lamongan resmi menjadi tahanan Polres Lamongan.

Pelaku yang merupakan pekerja wiraswasta  yang berkecimpung didunia percetakan. Pelaku ini sudah bertahun tahun melakukan pemalsuan  KTP palsu milik warga Lamongan.

Kapolres Lamongan AKBP Feby. DP. Hutagalung S.I.K M.H mengatakan, pelaku melakukan kegiatan membuat atau mengubah dan mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu dengan cara melakukan scenner pada KTP asli, kemudian dilakukan proses editing melalui program Photoshop dan Corel pada komputet milik pelaku.

Selanjutnya, proses editing tersebut kemudian dicetak melalui printer dan lalu proses finishing dilakukan pelaku melalui laminating dan alat plong atau press yang disediakan pelaku.

>“Pelaku masih kita dalami lagi sejauh mana dia telah membuat KTP palsu dan seberapa banyak dia sudah membuatnya,” jelas AKBP Feby.

>Sejauh ini pelaku masih belum mengakui perbuatannya. Namun pihak polres Lamongan masih mengembangkan informasi mengenai kejahatan pemalsuan KTP.\

Dari tangan pelaku polisi menyita 1 unit perlengkapab komputer, alat laminating, 2 unit Printer, 1 unit Plong atau mesin press, bahan kertas buat KTP, plastik pres laminating, 3 buah KTP palsu, dan lain lain.

TM kini harus mendekam di tahanan Mapolres Lamongan untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya. Pelaku di jerat dengan Pasal 94 UU RI No. 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU RI 23 tahun 2006 tentang admibistrasi kependudukan, dan pasal 96 A UU RI No.24 tahun 2013 dengan ancaman 6 tahun penjara. (Fer)