Gencar Sosialisasikan Masalah Hukum,-Ini Alasan Bupati Emil Dardak..

Emil Elestianto Dardak, Bupati Trenggalek

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Trenggalek melakukan kegiatan Penyuluhan Hukum kepada masyarakat di Trenggalek. Pelaksanaan kegiatan penyuluhan hukum ini  mempunyai maksud dan tujuan untuk mewujudkan persepsi pengetahuan tentang pelaksanaan tugas kewajiban Aparatur Pemerintah dengan masyarakat , persamaan persepsi tentang Administrasi Pemerintahan, Tata Usaha Negara ,Permasalahan dan Penegakan Hukum serta sebagai sarana harmonisasi , komunikasi koordinasi dan Konsultasi.

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengatakan , kompleksitas permasalahan yang ada serta perkembangan beberapa regulasi memaksa pihaknya sudah menyiapkan perangkat sumberdaya untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat teruatama di pemerintah desa di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Jadi pengetahuan dan pemahaman akan regulasi atau aturan itu perlu kita berikan agar pemegang pemerintahan di skala desa bisa kuat,” ucapnya, Kamis(01/02/2018).

Dia juga mengungkapkan pilihan untuk melaksanakan kegiatan itu sudah terukur saat dirinya datang dan menjadi orang nomor satu di Trenggalek. Hal yang utama saat beberapa kepala desa tersandung kasus hukum dikarenakan minimnya pengetahuan aturan hukum yang berlaku saat ini dan terkini.

“Ada beberapa kasus yang menurut saya karena tidak fahamnya pemangku kebijakan dan ini bisa blunder bahkan fatal bagi mereka,” tegasnya.

Camat Karangan , Sholikin, mengatakan narasumber pada kegiatan ini melibatkan lintas sektor diantaranya Pengadilan Agama yang memberikan materi Pelaksaanaan Tugas dan Penanganan Perkara di Pengadilan Agama di Kabupaten Trenggalek , Dinas Sosial dan Perlindungan Perempuan dan anak  memberikan materi Kebijakan Pelaksanaan Program kegiatan sosial di Dinas Sosial  Kabupaten Trenggalek , Bagian hukum setda Kabu[paten Trenggalek tentang Perda Kab. Trenggalek No. 5 Tahun 2015 tentang Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin.

Kegiatan penyuluhan hukum dinilai sangat efektif sebagai Sarana Komunikasi dan sosialisasi yang berkaitan dengan hukum perlu ditingkatkan  lagi khususnya dalam penyebar luasan produk hukum berupa Peraturan Daerah di Kabupaten Trenggalek agar masyarakat memeliki pemahaman dan pengetahuan  yang memadai terhadap peraturan daerah yang berlaku di daerahnya.

Kegiatan penyuluhan hukum seperti ini perlu perlu di tinggkatkan volumenya biar tingkat kesadaran hukum masyarakat masyakat semakin meningkat,dan disini kita hanya penerima tamu saja,” ujar sholikin. (ahmad)