“SI CECE BERHITUNG” Karya SMK Muhammadiyah 1 Lamongan Terpilih Oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum lama ini menggelar Lomba Mobile Kihajar Tahun 2017 kemarin. Salah satu pesertanya merupakan Guru dari SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, Jawa Timur. Tak tanggung tanggung hasil karya SMK Muhammadiyah 1 Lamongan Masuk dalam pilihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Melalui Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Lamongan Drs  Mohammad Maghfur M.Pd, M. Ali Alfian S.Pd kembali unjuk gigi menciptakan aplikasi mobile terkini, yakni “Si Cece Berhitung”. Aplikasi mengenai hitung berhitung itu ditujukan untuk segala umur mulai dari Sekolah Dasar (SD), SMP hingga Sekolah menengah Atas (SMA). Aplikasi Cepat Cermat Berhitung ini dibuat dengan waktu 1 bulan lamanya.

Game ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kosentrasi dan fokus, menambah kemapuan hitung siswa agar lebih memudahkan saat menghadapi permasalahan matematika. Lalu, bagi siswa SMA/SMK pada tingkat terakhir yang akan masuk ke perguruan tinggi pastinya dihadapi psikotes dan TPA dengan soal hitung menghitung, maka Aplikasi Game ini akan membantu melatih psikotes siswa.

Dalam lomba yang mempertandingkan karya aplikasi Mobile Edukasi, yaitu Aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone arau Handphone yang mengandung unsur pendidikan. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) dalam acara Anugerah KI Hajar oleh Pustekkom Kemdikbud RI.

Dalam kesempatan ini, meski SMK Muhammadiyah 1 Lamongan belum masuk sebagai finalis namun pihaknya tetap ingin mempersembahkan karya mereka untuk kemajuan teknologi pendidikan di Indonesia.

Diharapkan adanya lomba ini Program Program Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dapat bermanfaat dan dikenal secara langsung oleh seluruh masyarakat di Indonesia. (Fer)