Kuatkan Solidaritas Antar Pedagang, 50 Pedagang Pasar Tradisional Peterongan Bentuk Paguyuban

Potong tumpeng oleh ketua paguyuban dan ketua LSM FRMJ secara simbolis

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG: Sebagai bentuk upaya untuk menguatkan solidaritas antar pedagang, 50 orang pedagang di Pasar Peterongan Jombang, bersatu dan membentuk sebuah paguyuban yang bernama Paguyuban Pedagang Pasar Peterongan Jombang (P4J).

“P4J dibentuk atas inisiatif antar pedagang, dengan semangat kebersamaan antar pedagang,” kata Naim selaku ketua paguyuban pasar, Kamis 1 Februari 2018.

Masih menurut Naim, ada 50 lebih pedagang yang sudah terdaftar sebagai anggota dan pengurus paguyuban. Tujuan dibentuknya paguyuban tersebut, yakni untuk menghimpun, mengelola dan memberikan layanan informasi bagi para pedagang di pasar Peterongan, yang tergolong sebagai pasar tradisional.

” paguyuban ini dibentuk sebenarnya pada bulan Januari kemarin, namun, baru bulan ini kita deklarasikan, keberadaannya,” ujar Naim.

Bahkan dalam deklarasi berdirinya P4J tersebut, para pedagang sengaja mengusung tema “Kebersamaan adalah kekuatan kami”. Hal ini tentunya tidak lepas dari sejumlah latar belakang permasalahan yang menerpa pedagang di pasar tersebut.

Acara deklarasi dan pengukuhan ini juga di hadiri oleh ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Forum Rembug Masyarakat Jombang (FRMJ) Joko Fattah Rochim, yang merupakan induk organisasi dari paguyuban tersebut.

Usai melakukan deklarasi, ketua paguyuban dan ketua dari LSM FRMJ, melakukan pemotongan tumpeng, yang dibagikan pada seluruh anggota pedagang. Selanjutnya acara tersebut di tutup dengan doa.(elo)