Usai Raih SAKIP Predikat B, Bupati Emil Dardak Targetkan Tahun Depan Meningkat

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Terbaru, kabupaten yang dinakhodai Emil Dardak  ini mendapat penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Penghargaan diterima di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/1). Penghargaan diterima Bupati Trenggalek , Emil Elestianto Dardak dari Menteri PAN-RB Asman Abnur.

Dihubungi usai menerima penghargaan, Emil Dardak mengaku bangga. Penghargaan itu diperoleh tidak lepas dari peran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Trenggalek. Mulai perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi anggaran yang ada kesesuaian.

”Penghargaan itu diraih tentu salah satunya karena ada peningkatan kinerja OPD. Sumenep meraih kategori B. Tahun sebelumnya masih C. Alhamdulillah ada peningkatan,” terangnya.

Penghargaan berdasar hasil penyerahan Laporan Hasil Evaluasi SAKIP (LHE SAKIP) 2017. Tim dari pemerintah pusat turun ke daerah melakukan penilaian. Selain itu, berdasar evaluasi SAKIP 2017 di wilayah II  mengalami peningkatan 4,59 poin.

Rata-rata nilai evaluasi kabupaten/kota 2016 sebesar 51,81 meningkat menjadi 56,40 atau meningkat 4,59 poin. Namun, ada kabupaten/kota sebanyak 54,05 persen dari seluruh kabupaten/kota yang masih mendapat nilai di bawah B.

Wilayah II meliputi pemprov dan kabupaten/kota di Bali, Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Di wilayah ini tidak ada lagi yang berpredikat D.

Ditambahkan, SAKIP adalah alat untuk untuk menata manajemen pemerintahan menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Penataan sebagaimana diamanatkan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP dan Permenpan Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah,”ungkapnya.

Dalam target tahun 2018 dapat meraih BB bahkan A, untuk itu kita harus bisa mensikronkan program yang ada pada RPJMD dengan renstra dan renja OPD serta komitmen dari seluruh perangkat daerah.

Tentunya ini merupakan suatu motivasi besar karena Kementrian Keuangan akan memberikan dana insentif Daerah bilamana daerah tersebut bisa mendapatkan predikan BB atau A, saat ini kita sudah mencapai predikat baik tinggal selangkah lagi untuk mencapai hal tersebut.

“Semoga dengan hal ini semua insan yang ada di Pemerintahan Kabupaten Trenggalek bisa terpacu lagi semangatnya untuk mencapai hal ini, demi semua masyarakat Trenggalek,” pungkasnya. (hamzah)