Longsor, Jalur Pacitan Ponorogo Tertutup Total

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Longsor terjadi dijalur Pacitan Ponorogo tepatnya di Km 27 masuk Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jumat(02/02/2018).

Akibat tertutupnya seluruh badan jalan tersebut, arus lalulintas baik dari dan ke Pacitan terputus total sekitar 2 jam.

Kejadian berawal dari hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pacitan sejak pukul 14.00 WIB. Saat sekira pukul 15.30 WIB, tebing setinggi 10 meter dan lebar 10 meter yang ada di Km 27 Jalan raya Pacitan-Ponorogo yang masuk Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo mengalami longsor sehingga mengakibatkan jalan penghubung antara Kabupaten Pacitan dengan Kabupaten Ponorogo tertutup material longsoran.

Komandan Kodim Pacitan, Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, mengatakan kondisi tanah di tebing tersebut labil dan tidak mampu menahan debit air dan terjadilah longsor. Material longsor kemudian menutup jalan selama dua jam.

“Arus lalu lintas di jalan tersebut sempat mengalami kemacetan sepanjang sekitar 1 km karena kendaraan tidak bisa melewati jalan itu,” kata Aris.

Setelah sekira pukul 16.00 WIB hujan sudah reda terlihat sejumlah anggota Koramil Tegalombo yang dibantu masyarakat berupaya membersihkan material longsoran dan memotong kayu yang melintang dengan menggunakan alat seadanya.

Untuk sementara, untuk arus lalulintas masih diterapkan buka tutup, sambil menunggu datangnya alat berat guna membersihkan seluruh material longsoran.(wa)