Aster Kasad: TNI Semakin Dekat Dengan Rakyat

ASTER

KANALINDONESIA.COM : Hasil survei yang menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan publik, menunjukkan bahwa institusi TNI semakin dekat dengan rakyat. Demikian dikatakan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.IP., M.Sc., mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada acara Panen Padi Unggul Varietas Sembada B-9, di Kawasan Pertanian, di Distrik Wasan Brunei Darusalam, Selasa (30/8/2016).

“Kami melakukan kerja sama dengan 21 Kementerian di Indonesia, namun intens dengan Kementerian Pertanian. Kerjasama ini sangat positif, bisa dilihat dari hasil survei yang menunjukkan tingkat kepercayaan publik kepada TNI,” ujar Aster Kasad.

Aster Kasad juga mengatakan, salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan publik adalah mendekatkan diri kepada rakyat, dan TNI melakukannya sejak awal karena lahir dari rahim rakyat. “Kerjasama TNI dan Kementerian Pertanian membuat institusinya lebih dekat dengan rakyat karena berinteraksi lebih intens dalam rangka mendampingi petani untuk mewujudkan ketahanan pangan,” jelasnya.

Baca:  Pangkogabwilhan I Lepas dan Lantik Pejabat Kepala Staf, Asops, Kapoksahli dan Irkogabwilhan I

“Mengapa kepercayaan publik tinggi karena kami memiliki 53 ribu Babinsa (Bintara Pembina Desa), sementara Kementan memiliki keterbatasan jumlah penyuluh sehingga Babinsa diberikan penyuluhan untuk mendampingi petani, ujar Aster Kasad.

Aster Kasad Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak juga menyampaikan bahwa, para Babinsa itu diberikan pengetahuan mengenai mesin pertanian, pupuk, bibit, cara menanam, dan cara memanen sehingga bisa membantu petani.

Kedekatan yang intens itu sebenarnya bukan dalam rangka meningkatkan rating survey, namun memang sudah menjadi nafas TNI menjadi bagian rakyat. “Kami yakin, ketika para Babinsa mendampingi petani, mereka tidak tahu kalau ada lembaga yang melakukan suvei dan hasilnya sangat positif bagi TNI,” kata Aster Kasad.

Baca:  Panglima TNI: MOS dan ACA National Championship Dapat Membentuk Mentalitas Bangsa Yang Kuat

ZAL