Jalur Pacitan – Ponorogo Terdapat Ratusan Lubang Jalan, Penguna Jalan Harus Extra Hati-Hati

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Dinas PU Bina Marga (UPT) Propinsi dan Jajaran Satlantas Polres Pacitan serta Dinas Perhubungan Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) melaksanakan survei sarana dan prasarana jalan antar propinsi , Sabtu (3/2/2018).

Survei sarana dan prasarana jalan dilakukan guna pengecekan jalan rusak dan berlubang yang ada disepanjang jalan Propinsi. Selain itu, akan dilakukan penambalan jalan berlubang dibeberapa titik yang membahayakan bagi penguna jalan.

Budi Hari Santoso, kepala Sie Jalan Unit Pelaksana Teknis ( UPT ) PU Bina Marga Propinsi Jawa Timur mengatakan” terkait jalan berlubang disepanjang antara jalan Tentara pelajar sampai ke wilayah Kecamatan tegalombo memang banyak yang berlubang, akibat tergerus air hujan yang intensitas tinggi. Waktu kemarin sebenarnya akan kita tambal, namun aspal belum kunjung datang dan hari ini aspal sudah datang ” maka pelaksanaan penambalan jalan kita mulai hari senin besok sampai dengan selesai,” kata Budi HS.

lebih lanjut, Budi Hari Santoso menambahkan ” untuk pengerjaan Penambalan jalan dilakukan dari jalan Tentara pelajar sampai dengan Kecamatan Tegalombo,” tambahnya.

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Hendrix K Wardhana, menjelaskan ” di sepanjang jalan Propinsi, antara jalan Tentara Pelajar Desa Semanten sampai di wilayah Kecamatan Tegalombo, ada sekitar hampir 200 lubang yang berdiameter rata-rata 20 sampai 30 centimeter dengan kedalaman sekitar 5 sampai 7 centimeter. Jalur jalan yang kondisinya rusak dan berlubang. hal itu bisa terjadi salah satu penyebab terjadi kecelakaan,” jelas Kasatlantas.

“Hasil pengecekan kita bersama Dinas terkait akan kami dokumentasikan dan akan kita koordinasikan dengan instansi terkait agar segera dilakukan tindakan lanjut. Untuk sementara kita bersama Dinas terkait memberikan tanda cat warna putih diseputaran lubang. Hal itu agar pengendara melajukan kendaraan extra pelan- pelan supaya menghindari dari lubang tersebut. Di harapkan Dinas terkait secepatnya menutup aspal kembali,jika dibiarkan sejumlah kerusakan jalan dapat membahayakan serta dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.( Bc)