Antisipasi Keamanan, Polres Siagakan di Jalur Rombongan Suporter Arema FC 

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Langkah antisipasi kericuhan dan tetap memberikan rasa aman kepada warga , akibat  diambilnya Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu jalur yang terpilih  untuk dilewati suporter Arema FC  Malang,  Polres Trenggalek menerapkan status Siaga 1 dalam rangka pengamanan rute suporter tersebut  yang akan menyaksikan pertandingan 8 besar Piala Presiden melawan Sriwijaya FC di stadion Manahan Solo, Minggu , (4/2) pukul 19.30 WIB. Ribuan Aremania diperkirakan akan melintas dengan rute Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Wonogiri, Sukoharjo, Solo dengan jarak tempuh 280 kilometer.

Kapolres Trenggalek  AKBP Didit BWS mengatakan, diperkirakan rombongan suporter Aremania sudah mulai melintas sekitar  pukul 02.00 WIB mengingat pertandingan di gelar pada hari Minggu malam. Selain rombongan resmi, diperkirakan ada beberapa Aremania yang melintas dalam rombongan kecil atau perorangan.

”Ini sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Makanya mereka tidak dibolehkan bertemu, ” ungkapnya, Minggu, (04/02/2018) siang.

“Untuk Bonek Mania atau suporter Persebaya Surabaya, menggunakan rute Surabaya, Mojokerto, Nganjuk, Madiun, sampai Sragen lalu masuk Solo dengan total jarak tempuh sekitar 240 kilometer. Sesuai jadwal pertandingan Arema dan Persebaya berbeda,” lanjutnya.

Disinggung tentang pola pengamanan yang diterapkan, AKBP Didit menegaskan, seluruh personel akan digelar di sepanjang rute yang dilalui termasuk pengawalan hingga perbatasan Trenggalek-Ponorogo.

“Kita berikan pengawalan hingga perbatasan Trenggalek. Khusus QRT Sabhara akan menyertai rombongan di tengah konvoi menggunakan sepeda motor. Sedangkan pengawalan pembuka oleh unit Patroli Satlantas, begitupun nanti kepulangannya,” ungkapnya.

AKBP Didit meminta agar perwira pengendali di jajarannya terus berkomunikasi dengan penanggung jawab rombongan, sehingga perjalanan dapat terus dimonitor hingga situasinya aman.

“Tadi semua dikendalikan perwira yang ditugasi agar kita bisa memonitor step by step,” tegasnya.

Selain Arema dan Persebaya, babak 8 besar Piala Presiden tahun 2018 jini uga diikuti klub lain yang memiliki basis suporter besar, seperti Persija , Mitra Kukar, PSMS Medan , Sriwijaya FC , Madura United dan Bali United. (hamzah)