Tiga Ribu Peserta Minangkabau Run Meriahkan Hari Pers Nasional Sumatera Barat 2018

KANALINDONESIA.COM, KOTA PADANG :Sumatera  Barat meriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dengan Minangkabau Run. Olahraga pagi yang membawa tema “Lari Budaya, Budayakan Lari” dilepas oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.
Tidak kurang ada 3000 peserta yang berkumpul di garis start yang berada di Komplek Gelanggang Olahraga Agus Salim, Kota Padang, Minggu (4/2).
“Hari ini hari kelima dari kegiatan dalam HPN 2018 yaitu Minangkabau Run yang akan memutari Kota Padang dan menempuh jarak lima kilometer,” ujar Nasrul.
Narsul tidak lupa mengajak masyarakat Kota Padang untuk meramaikan kegiatan HPN 2018 yang begitu banyak dan meriah. Baginya, HPN 2018 begitu besar artinya terutama untuk memperkenalkan budaya dan pariwisata Sumatera Barat.
“Banyak kegiatan di HPN ini, ada pameran dan konvensi-konvensi termasuk juga nanti tanggal 8 Februari ada Makan Bajamba yang akan dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi bapak ibu silahkan dilihat jadwal kita sampai tanggal 9 Februari dan kita sukseskan ini bersama-sama,” paparnya.
Edisi tahun ini, HPN Sumbar 2018 mengangkat tema “Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan”.
HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).
Rangkaian acara HPN juga akan diisi konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak, termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.
Begitu juga dengan gelaran pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro pada tanggal 8 Februari dan puncak acara HPN 2018 pada tanggal 9 Februari 2018. Kedua kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. [***]