Barista Lamongan Unjuk Gigi, Ciptakan Kopi Berbagai Varian

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN: Dalam meningkatkan selera cita rasa Kopi, barista Lamongan, Jawa Timur mampu mempresentasikan Kopi melalui Barista Competition, Minggu (4/2/2017). Acaranya mengambil tema Workshop Kepemudaan “Fasilitas Kelembagaan Kepemudaan Berbasis kreatifitas dan Bakat”.

Juri Competition itu dari Barista PT. Rumah Kopi Indonesia Surabaya, Dispora Lamongan Adang Mulya, mengatakan barista harus memahami karakteristik kopi hasil dari seduhan.

“Ini kita lihat bagaimana performance ketepatan waktu menyeduh, skill dan rasa,” kata Kabid Kepemudaan dan Olahraga.

Menurut Sony Wijaya pemilik Rumah Kopi di Jln. Mastrip Kecamatan Lamongan, Tujuan kegiatan itu untuk melihat bagaimana barista mempunyai tujuan kriteria rasa ketika untuk menyeduh seorang finalis menyeduh harus punya tujuan untuk dan harus bisa memainkan rasa dari kopi.

Sony menambahkan, selama ini warga Lamongan identik menyukai kopi. Namun, dengan adanya Barista maka mereka selalu menciptakan kopi berbagai cita rasa. Seperti dalam Barista Competition ini.

“Rasa bisa kita kombinasikan dengan buah, susu, dan lain lain. Ini guna kreatifitas barista bisa menciptkan kopi dengan rasa yang berbeda beda,” katanya.

Meskipun Barista Competition ini baru pertama kali dilakukan Sony, namun peserta Barista muda Lamongan sudah cukup antusias dalam perlombaan tersebut.

“Diharapkan adanya Competition ini, dia bisa mengajak para Barista khususnya di Lamongan untuk bisa mengikuti Barista Competition kedepanya. (Fer)