Polres Pacitan Gagalkan Penyelundupan Ratusan Benur

KANALINDONESIA.COM, PACITAN- Polres Pacitan menggagalkan penyelundupan ratusan ekor benur (bayi udang lobster) dari wilayah perairan laut Sudimoro Kabupaten Pacitan, Jumat (26/1/2018) kemarin sekitar pukul 11.00 WIB.

Polisi telah mengamankan seorang kurir berinisial Spr (48), warga Rt 02.Rw 04 Dusun Tawang Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo.

” Berdasarkan laporan dari masyarakat ” bahwa ada transaksi jual beli benur ” maka Satreskrim langsung meluncur ke TKP dan Pelaku ditangkap saat akan transaksi dan mengirimkan ratusan Benur ( bayi undang lobster ) ke pengepul,” ungkap Kapolres Pacitan AKBP Setyo K Heriyatno dalam jumpa pers di ruang Yana Polres Pacitan , senin (5/1/2018) siang.

Dari hasil penangkapan itu, Petugas juga menyita ratusan ekor benur lobster dalam keadaan hidup, satu unit ponsel dan 1 unit sepeda motor yang digunakan tersangka untuk mengantar ke pengepul. Untuk sementara kami masih melakuan pengembangan dan mengejar si pengepulnya,” tegas Kapolres.

Lebih lanjut, Perbuatan tersangka, telah melanggar Pasal 92 atau Pasal 88 Undang-undang RI Nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UURI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan dengan ancaman delapan tahun penjara,” pungkas Kapolres.

Sementara dalam pengakuan Spr mengaku “sebenarnya saya sudah tahu kalo benur itu dilindungi dan dilarang oleh UU, tetapi ya gimana lagi keluarga saya juga membutuhkan makan. Saya hanya sebagai pengantar saja ( Kurir) dengan imbalan 100 ribu dari penjual benur. Namun dia tidak mengenali pembelinya.

“Baru dua kali, yang pertama beberapa hari lalu saya membawa 117 ekor benur sama dengan yang di amankan oleh polisi sekarang ini,” itu pengakuan Spr kepada wartawan.(Bc)