Manfaatkan DD Desa Kanugrahan Bidik Produksi Pakan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Pembangunan desa melalui dana desa meamng seharusnya dituntut untuk lebih berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Sehingga penggunaan anggaran di desa kini banyak diarahkan pada pembangunan  melalui pemberdayaan masyarakat. Hal itulah yang dilakukan oleh pemerintah Desa Kanugrahan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan.

Misi Kepala Desa Kanugrahan, Khoirul Huda, S.Pd, membangun kesejahteraan warganya itu, diwujudkan dengan mengalokasikan anggaran kepada masyarakat setempat, yang digunakan untuk memberikan pelatihan pembuatan pakan ikan budidaya dan hewan ternak.

Dipilihnya pelatihan pembuatan pakan, dikarenakan bahan baku untuk pembuatan pakan ikan disekitar desa melimpah dan belum banyak dimanfaatkan. Juga banyaknya lahan tambak budidaya ikan di Lamongan sangat luas sebagai pangsa pasar.

” Memang, kita memiliki potensi sumberdaya, baik masyarakat maupun bahan baku pakan ikan. Sehingga, nantinya kita bisa memproduksi secara massal pakan ikan, dan hasilnya tentu bisa menambah kesejahteraaan warga,” ujar Khoirul Huda.

Selain dibekali cara pembuatan pakan, warga juga diberikan bantuan alat yang nanti bisa menopang usaha.

” Kebutuhan pakan ikan bagi masyarakat cukup besar. Sehingga peluang mengembangkan usaha pembuatan pakan juga sangat terbuka,”

Maka, untuk mewujudkan usaha yang berbasis pemberdayaan masyarakat, lanjut Kades Kanugrahan. Pemerintah desa sudah mempersiapkan wadah berupa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Melalui BUMDes itu, nantinya yang akan mengelola usaha pembuatan pakan. Baik proses pembuatan maupun penjualan hasil produksi,” lanjutnya.

Sementara, selama pelatihan pembuatan pakan, warga dibekali pengetahuan tentang kandungan gizi dari bahan baku yang dibutuhkan ikan dan ternak. Diantara bahan baku yang dipilih adalah, jagung, dedak halus sisa penggilingan padi dan bahan lain.

Selain itu, warga juga akan dibekali tentang pengolahan bahan baku, hingga cara pengemasan hasil produksi pakan.

” Kami optimis nantinya usaha pembuatan pakan ini bisa terus berkembang, karena selain harganya, secara kualitas juga bisa bersaing. Masyarakat pasti bisa terbantu,” pungkasnya. (Fer)