Tambah 1 Unit Alat Berat , Dipastikan Pembersihan Material Segera Selesai

KANALINDONESIA.COM,TRENGGALEK: Pemerintah Kabupaten Trenggalek terus berupaya membuka jalur di ruas jalan Kampak- Munjungan yang tertimbun longsor beberapa pekan lalu. Wilayah yang tertimbun sekitar 500 meter atau 0,5 kilometer ini kini dievakuasi oleh pemkab dan sudah hampir 80 persen. Menggunakan kekuatan 4 alat berat diprediksikan akan secepatnya membuka total ruas jalan yang tertimbun dengan tebal rata-rata 7 meter ini.

Bupati Trenggalek , Emil Elestianto Dardak, mengatakan pihaknya akan terus kerja secara maksimal menormalkan kembali jalur utama antar kecamatan tersebut, mengingat jalur yang lain masih belum siap yakni yang melalui Salamwates dan Watuagung Kecamatan Dongko.

“Jalur alternatif masih belum layak , maka kita harus optimalkan jalur utama ini,” ucapnya, Selasa , (6/2) di Trenggalek.

Bupati Emil Dardak  juga mengupayakan untuk mempercepat proses pembersihan dengan  mendatangkan lagi 1 unit alat berat lagi . Jadi semua ada 4 unit  alat berat yang akan mempercepat proses pembersihan.

“Untuk 2 alat berat akan fokus menstabilisasi lereng, karena ini bukan pekerjaan evakuasi biasa tapi menjaga stabilisasi lereng untuk mengurangi kemiringan atau meningkatkan kelandaian badan jalan dari arah Munjungan,” terangnya.

Yang menjadi kendala, masih keterangan Emil Dardak ,  apabila cuaca tidak memungkinkan (hujan/kabut) proses pembersihan dihentikan sampai cuaca kembali normal.

“Memang yang menjadi perhatian kita kalau sudah mulai berkabut kita harus stop dulu demi keselamatan para operator alat ini. Jadi ini yang membuat waktu pengerjaan tidak bisa terlalu maksimal,” imbuhnya.

Diakuinya , titik yang paling rawan dalam pembersihan ini adalah pengerjaan lereng adalah air deras akibat hujan. Pembuatan aliran air baru untuk mengalihkan aliran air dari sektor Munjungan di karenakan aliran air dari lereng meluber akibat gorong – gorongnya pecah.

“Akan  tetapi kita belum melihat itu suatu masalah yang harus segera ditangani sekarang, kita mencoba akan mencari pengalihan air,” pungkasnya.( hamzah)