H Samsul Anam Ketua DPRD Trenggalek, Musrenbang Itu ………. 

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), baik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten dan seterusnya merupakan forum yang sangat strategis, untuk menentukan arah dan kebijakan pembangunan.

Terkait hal itu, Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, H Samsul Anam  meminta supaya usulan prioritas dalam musrenbang harus dilaksanakan. Sehingga, program-program pemerintah dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Trenggalek.

“Hasil musrenbang merupakan kumpulan aspirasi masyarakat, sehingga program pembangunan kabupaten harus ada sinkronisasi dengan yang diharapkan oleh masyarakat,” ujar H Samsul Anam  saat ditemui usai pelaksanaan Musrenbangcam di Kecamatan Pogalan, Selasa, (06/02/2018).

Menurut politisi PKB itu, dalam penilaian dan pembahasan musrenbang, seluruh pihak yang terlibat, terutama dinas terkait dapat menentukan prioritas dan unggulan secara tepat.

“Untuk itu tim juga harus mampu memadukan hasil musrenbang dan hasil reses anggota DPRD, serta visi misi yang ingin dicapai pemerintah bisa terakomodir,” tandasnya.

H Samsul Anam juga menekankan mengenai pentingnya sinergi perencanaan pembangunan antara kabupaten , kecamatan  dan desa.

“Dalam pembahasan dengan masing-masing tingkatan, desa, kecamatan  dan kabupaten perlu diperhatikan pendetailan perencanaan yang di level bawah yang terintegrasi dengan program prioritas kabupaten,” katanya.

Dia juga mengajak pemerintah daerah mendorong penguatan Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan dengan meningkatkan keterkaitan antara alokasi DAK dan sasaran program prioritas daerah.

Sementara perencanaan penganggaran menjadi kunci efektivitas pelaksanaan program, sehingga manfaat dari pelaksanaan pembangunan menjadi mudah dicapai

“Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) berperan penting dalam alokasi anggaran untuk mendukung kegiatan prioritas pembangunan daerah,” tegasnya.(hamzah)