Menpora Apresiasi Chris John Indonesia Boxing Championship Beri Motivasi Petinju Tanah Air

Menpora Imam Nahrawi saat menerima audiensi Chris John bersama rekan-rekannya di Kantor Kemenpora

KANALINDONESIA.COM : Menpora Imam Nahrawi didampingi Staf Khusus Olahraga M. Khusen menerima audiensi mantan juara dunia tinju kelas bulu WBA, Chris John yang hadir bersama rekan-rekannya Limi, Longines Tamio, Buyung WK, Nicolemus Mawarto di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Menpora Senayan, Jakarta, Rabu (31/8) malam. Chris John berencana akan menggelar kompetisi tinju nasional bertajuk Chris John Indonesia Boxing Championship (IBC) yang edisi perdananya akan ditayangkan televisi swasta pada 2 September 2016.

Chris John mengatakan, petinju yang ingin menjadi juara dunia harus melewati proses dari bawah. “Dahulu petinju nasional sudah luar biasa prestasinya dan itu tidak lepas dari binaan reguler, saya yakin penggemar tinju di Indonesia masih luar biasa,” ujar Chris.

Baca:  Merokok Meningkatkan Potensi Terjangkit COVID-19

“Di luar negeri setiap ada pertandingan profesional pasti di kombinasi dengan amatir, di kelas 57 kg (bulu) ke bawah petinju kita masih sangat berpotensi kita akan bina mereka mencapai kelas diatasnya, saya yakin bakat-bakat itu ada dan banyak di Indonesia, sedikit kita poles dan akan kita munculkan,” ucap petinju yang sukses mempertahankan gelar juara dunia WBA 18 kali itu.

IBC merupakan ajang pencarian petinju berbakat. Sebanyak 16 petinju dari berbagai dearah di Tanah Air akan bersaing untuk menjadi juara dalam ajang ini. IBC sudah diakui oleh Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI). Acara itu digagas oleh PT Chris John Indonesia, perusahaan yang didirikan Chris John, beserta istri dan rekan-rekannya dan dikemas menjadi tayangan reality show.

Baca:  #SOS Omen Tumbal Nyawa ke-51 Suporter Sepak Bola Nasional

Menanggapi hal itu, Menpora ucapkan terima kasih atas kiprah yang akan ditepuh Chris John. Menurutnya, mantan juara dunia berjuluk Sang Naga itu akan mampu memotivasi generasi tinju di Indonesia. “Inspirasinya tidak berhenti saat Chris menjadi juara dunia, tetapi terobosannya menjadi semangat dan motivasi kita semua bahwa menjadi juara memerlukan proses panjang,” ujar Menpora.

Pemerintah berharap tinju nasional kembali bangkit dan bersemangat kembali. “Juara dunia tinju telah lahir melalui tangan Chris John yang telah mengharumkan Tanah Air Indonesia, pemerintah ingin cabang olahraga tinju menjadi salah satu cabor yang dapat dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang,” kata Menpora.

“Mulai hari ini kita akan mulai proses panjang saling membantu dan support, pertandingan Chris John akan memotivasi dan menginspirasi petinju tanah air agar seperti dia dengan begitu akan banyak lahir forum, acara-acara atau pertandingan yang melibatkan petinju amatir yang belum mencuat di tanah air,” lanjut Cak Imam.

Baca:  Over Stay, Mantan Pelatih Kukar Diamankan Kantor Imigrasi Kelas III Ponorogo

Ia berharap, tinju nasional baik tinju pria dan wanita bangkit mulai dari desa-desa. “Saya yakin kedepan akan banyak lahir juara juara dunia baru yang akan melanjutkan prestasi Chris John, Daud Jordan dan lain sebagainya,” tutur Menpora.

ZAL