Polres Pacitan Gelar Simulasi Pengamanan Pilgub Jawa Timur 2018

KANALINDONESIA.COM, PACITAN: Menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.Polres Pacitan menggelar simulasi pengamanan, Kamis ( 8/2/2018).

Simulasi ini dimaksudkan sebagai bentuk keseriusan aparat kepolisian bagaimana membuat suasana pesta demokrasi berjalan aman, dan tertib.

Kapolres Pacitan Setyo K Heriyatno melalui Kabag Ops Polres Pacitan Kompol Sukoco, menjelaskan ” terkait simulasi ini bertujuan mempersiapkan pengamanan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,seperti ” pengerahan masa yang disebabkan ketidak puasan kedua pendukung pasangan calon (Paslon) dengan hasil suara pilgub, massa melakukan aksi di KPU, selain itu, jajaran Polisi juga akan mengamankan di daerah perbatasan,” jelasnya.

Ia menambahkan, fokus pengamanan Pilgub Jatim tidak hanya dilakukan di daerah perbatasan. Tapi, di setiap bilik TPS se Kabupaten Pacitan juga menjadi prioritas.

“Untuk pengamanan Pilgub Jatim kami melibatkan sekitar 611 personil dan ditambah dari TNI, Satpol PP, dan lainnya,” tambahnya.

Simulasi yang digelar Polres Pacitan menggambarkan puluhan massa pendukung salah satu pasangan calon Gubernur hendak melakukan unjuk rasa ke bilik TPS maupun kantor KPU Kabupaten Pacitan. Namun, di wilayah perbatasan kota petugas kepolisian juga akan melakukan pengamanan dan pengawasan agar Pacitan tetap konsusif.

Dalam simulasi itu berbagai alat pengamanan disiapkan. Mulai dari Jajaran Satlantas dalam pengawalan Pasangan Calon Gubenur saat berkampanye nanti, pasukan dalmas lengkap dengan Tameng dan tongkat serta baju anti peluru, begitu juga Jajaran Polisi lainnya sudah dipersiapkan sejak tanggal 1 Januari sampai dengan 27 Juni pada akhir Pilkada nanti.(Bc)