Maraknya Usaha Warkop BerWifi di Lamongan

Para pelanggan warung kopi berwifi menikmati layanan yang diberikan. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Walau kopi bukan komoditas asli Indonesia, berkah kesuburan tanah Indonesia menjadikan kopi Indonesia sebagai kopi buruan yang harus dimiliki. Katakan saja arabika lintong, pasti sudah banyak yang mengakui kopi ini. Namun Indonesia bukan miliki lintong saja, masih banyak lagi kopi Indonesia yang belum tereksplorasi.

Kopi kini bukan lagi sebagai peneman obrolan saja, atau sebagai pelengkap di meja-mejacafe, kopi menjadi hal yang begitu misterius untuk dimengerti. Disamping manfaat kopi bagi tubuh, siklus kopi itu sendiri menjadi sangat unik untuk diajak berkenalan. Metode seduhan, karakter biji kopi, tingkat roasting dan masih banyak lagi.

Usaha warung kopi (warkop) di Lamongan dan kota lainnya di Indonesia, masih bertahan. Ngopi saat ini seakan sudah menjadi budaya yang digemari semua kalangan, baik tua maupun muda. Tidak peduli laki laki maupun perempuan, menjadikan ngopi sebagai gaya hidup.

Fasilitas yang disediakan warkop yang marak saat ini adalah free WiFi. Dengan fasilitas jaringan interner gratis ini, para pebinis warkop bersaing untuk mendapatkan pelanggan.

Salah satu pelaku bisnis warkop WiFi yang tengah berkembang tepatnya di Pertigaan Sumberwudi Karanggeneng Lamongan Jawa Timur adalah Adi Maulana Iskandar. Lelaki muda yang akrab dipanggil Adi ini mengaku optimis bahwa bisnis warkop WiFi akan terus bertahan.

Di warungnya yang diberi nama warkop Kahuripan, lelaki lajang ini mengaku siap bersaing dengan warkop warkop lain yang juga menyediakan fasilitas WiFi.

“Optimis dan tidak kuatir dengan maraknya warkop ber WiFi. Tidak jadi masalah bila orang-orang membuka warkop yang memakai WiFi malah lebih senang karena masyarakat dapat terbantu perekonomianya,” katanya, Kamis (18/2/2018).

Dengan memberikan fasilitas WiFi, dia mengaku mampu meraup keuntungan yang cukup besar. “Saat ini banyak kebutuhan masyarakat yang terpenuhi dengan adanya WiFi, jadi dengan fasilitas ini, pelanggan masih tetap bisa menjalankan aktifitas lain meskipun sambil marung, ” terangnya.

Adi menambahkan, berbisnis dengan usaha yang sama seperti orang lain tidak harus berkecil hati, tapi harus bersaing secara sehat.

“Kuncinya adalah pelayanan yang terbaik. Ditambah fasilitas lengkap, ramah dengan konsumen dan yang terpenting rasanya, agar pelanggan tidak berpaling warung lain”, pungkasnya. (Omdik)