Jelang Pulgub, Polres Sumenep Gelar Sosialisasi

KANALINDONESIA.COM, SUMENEP: Polres Sumenep melakukan gelar simulasi Sispamkota (sistem pengamanan kota) Ops Mantap Semeru 2018, di Taman Adipura setempat. Dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa timur 2018, Senin (12/2/2018).

Dalam gelar simulasi tersebut, Kapolres Sumenep AKBP Fadillah Zulkarnaen memimpin langsung latihan pengamanan.

Turut hadir Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), Ketua KPUD Sumenep, Dandim 0827 Sumenep, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan para simpatisan.

Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnaen mengungkapkan, simulasi itu digelar tidak lain melatih anggotanya untuk mengasah kemampuan, juga keterampilan saat terjadi huru-hura atau menyampaikan aspirasinya di depan umum lewat kekuatan massa.

“Jadi, ini tidak lain melatih kemampuan dan keterampilan petugas dalam menangani massa pengunjuk rasa sesuai dari tahapan-tahapan dari mulai cara bertindak pada semua situasi,” terangnya. Senin (12/2/2018)

Selain itu, lanjut Fardillah, ada juga latihan simulasi Sispamkota sekaligus memberi rasa aman dengan menyiapkan pasukan sebanyak 823 personil, guna mengamankan 2.400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 334 Desa se-kabupaten Sumenep. Serta, mengantisipasi terhadap tempat yang rawan konflik.

“Secara umum potensi konflik di sumenep untuk kerawanan sejauh ini tidak ada, kita juga tetap mengantisipasi dengan melakukan kegiatan perentif dan persentif melalui patroli di setiap polsek,” pungkasnya.

Pihaknya juga mengajak semua elemen masyarakat. Baik tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan seluruh masyarakat sumenep untuk juga ikut andil mengamankan dan mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018

“Demi memberikan suatu perlindungan, pengayoman, dan pelayanan. Melalui dialogis dengan semua elemen masyarakat,” tutupnya.(ziad)