KPU Lamongan Monitoring Coklit, Langsung Kerja PPDP di Kecamatan Karanggeneng

KPU Lamongan bersama PPK Karanggeneng mendatangi salah satu rumah yang sudah dicoklit. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan Selasa (13/2/2018) melakukan monitoring dan supervisi kerja Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) di Kecamatan Karanggeneng. Sebanyak 7 PPDP dan 2 PPS langsung dipantau aktifitas kerjanya. Kegiatan ini dilakukan langsung oleh anggota komisioner KPU Lamongan Nur Salam didampingi oleh Staf Sekretariat KPU Lamongan Miftahul Huda dan seluruh anggota PPK Karanggeneng.

Anggota KPU Lamongan Nur Salam mengatakan bahwa monitoring dan supervisi proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih bertujuan menyerap masalah yang dialami langsung oleh PPDP yang ada di lapangan.

Nursalam juga mengatakan sejumlah permasalahan coklit oleh PPDP adalah waktu coklit harus disesuaikan dengan profesi warga. Di samping itu, masih ada warga pemilih yang tidak terdaftar dalam Formulir A-KWK yang bersumber dari data penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) serta banyak warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

“Hari ini kami bagi tim untuk melihat langsung proses coklit yang dilakukan oleh PPDP dan menginventarisir semua masalah yang dihadapi oleh PPDP saat melakukan coklit di rumah warga serta memastikan proses coklitnya, kebetulan saya dapat wilayah Kecamatan Karanggeneng,” ujar Nur Salam.

Dikatakannya bahwa PPDP adalah salah satu ujung tombak KPU dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih. Untuk itu harus bekerja sesuai aturan, taat pada asas dan taat waktu agar semua bisa berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal.

Mereka bertugas dengan metodologi sensus, atau mendatangi rumah ke rumah untuk memastikan semua pemilih ini mendapatkan haknya.

Untuk itu, kata Nur Salam, mekanisme kontrol yang berjenjang melalui PPS, PPK dan KPU akan selalu kita lakukan terhadap kerja PPDP yang sementara ini berjalan, sehingga dapat mengatasi semua masalah yang terjadi di lapangan.(Omdik).