Seniman ASPAJA Bendungan Disasar BNNK Trenggalek, Ada Apa??

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Trenggalek tidak hentinya melakukan kegiatan diseminasi informasi P4GN (Pencegahan Penyelundupan Pemberantasan Peredaran Gelap Narkoba) di lingkungan kelompok masyarakat . Kali ini yang menjadi sasaran adalah Asosiasi Paguyuban Jaranan (Aspaja) yang bermarkas di Kecamatan Bendungan. Hal ini dilakukan BNNK guna mempersempit ruang peredaran gelap narkoba di Trenggalek. Kegiatan itu juga menjadi aksi BNNK demi menyelamatkan generasi bangsa dari narkoba serta melestarikan seni budaya sebagai warisan nenek moyang.

BNNK Trenggalek, Selasa,(13/2) melaksanakan kegiatan itu di sanggar seni Sapta Karya di Desa Suren kecamatan setempat. Agenda kegiatan Diseminasi Informasi P4GN kepada anggota Aspaja itu diikuti 40 pelaku seni.

Bertindak sebagai pemateri, Staff Penyuluh BNNK Trenggalek Mohammad Hilal yang menyampaikan materi bahaya penyalahgunaan narkoba dan peran pelaku seni dalam ikut berperan di P4GN. Dia mengatakan pihaknya mensosialisasikan bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang kepada seniman yang rata-rata pemuda itu.

“ Kesenian itu warisan leluhur , maka semua pihak harus menjaganya termasuk kepada pelaku seninya agar terhindar dari penyusupan narkotika di kalangan pecinta seni itu,” katanya.

Selain sosialisasi pemateri juga adakan Game dan tanya jawab tentang materi yang di sampaikan serta Yel-Yel semangat anti narkoba oleh peserta dan di ikuti oleh seluruh peserta yang lainnya.

“Ada semangat yang dilakukan peserta seperti yel-yel anti narkoba,” tegasnya.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan (P2M) di BNNK Trenggalek Djainul Muttakin,ST mengatakan dengan adanya pemberian informasi tersebut, pelaku dan pecinta seni menjadi tahu tentang bahaya menyalahgunakan narkoba.

“Tentunya akan lebih paham tentang bahaya narkoba berikut jenis-jenisnya, sehingga bisa menghindarinya,” ungkapnya.

Selain itu, langkah itu dilaksanakan supaya para seniman muda ini membantu menyebarkan informasi P4GN kepada teman-teman di lingkungannya.

“Dengan dilakukannya Diseminasi P4GN ini para seniman dapat sedini mungkin mengenal dan mengetahui bahaya narkoba, dan dapat menyampaikan ilmu yang didapat kepada teman-teman di lingkungan pekerjaan dan kelaurganya,” pungkasnya. (ahmad)