Inilah Kronologi OTT Bupati Subang

KANALINDONESIA.COM, SUBANG: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan pada hari Selasa (13/02/2018) di beberapa lokasi terpisah di Bandung dan Subang. Dalam OTT ini diamankan IA, D, ASP,MTH,S dan dua ajudan, dengan kronologis sebagai berikut

Pada Selasa (13/02/2018) sekitar 18.30 WIB, tim KPK bergerak ke Bandung untuk mengamankan D. dari dari tangan D tim mengamankan uang senilai Rp 62.278.000. Secara paralel tim lainnya mengamankan MTH di Subang pada pukul 19.00 WIB

Tim lainnya bergerak ke rumah dinas Bupati Subang dan mengamankan IA . Setelah itu, tim berturut-turut mengamankan dua orang lainnya yaitu ASP dan S di kediaman masing-masing.

Dari tangan ASP diamankan uang Rp225.050.000,- dan dari tangan S diamankan uang senilai Rp 50 juta

Total dari peristiwa tangkap tangan ini tim mengamankan barang bukti berupa uang sebesar Rp337.328.000 beserta dokumen bukti penyerahan uang.

“Dalam komunikasi pihak-pihak terkait dalam kasus ini, digunakan kode “itunya” yang menunjuk pada uang yang akan diserahkan,”seperti rilis KPK.

Pemberian suap dilakukan untuk mendapatkan izin untuk membuat pabrik atau tempat usaha di Kabupaten Subang. Diduga komitmen fee awal antara pemberi dengan perantara adalah Rp4,5 miliar, sedangkan dugaan komitmen fee antara Bupati ke Perantara adalah Rp1,5 miliar

Sebagian uang yang diterima diduga juga dimanfaatkan untuk kepentingan kampanye Bupati. Selain uang, bupati juga menerima fasilitas terkait pencalonannya tersebut antara lain berupa pemasangan baliho dan sewa kendaraan (mobil Toyota Alphard) untuk kebutuhan kampanye.

Setelah melakukan pemeriksaan 1×24 jam dilanjutkan gelar perkara, disimpulkan adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi menerima hadiah atau janji oleh Bupati Subang secara bersama-sama terkait pengurusan perizinan di Pemkab Subang.

KPK menetapkan 4 orang tersangka, yaitu diduga sebagai Pemberi, MTH (Swasta), dan diduga sebagai penerima IA (Bupati Subang periode 2017– 2018), D (Swasta), ASP (Kabid Perizinan DPMPTSP Kabupaten Subang)