Satpol PP, PPK, Panwascam dan Polsek Karanggeneng Mulai Tertibkan APK

KANALINDONESIA. COM. LAMONGAN; Usai lakukan rapat koordinasi antara PPK Karanggeneng, Panwas, Satpol PP dan Polsek Karanggeneng langsung melakukan penertiban Alat Peraga non Kampanye yang terpasang di wilayah Kecamatan Karanggeneng Lamongan Jawa Timur, Kamis (15/2/2018).

Tindakan ini dilakukan karena banyak APK liar yang tidak sesuai dengan aturan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018.

Kasi Trantib Kecamatan Karanggeneng, Budiono mengatakan pihaknya pada Kamis siang langsung rakor dengan pihak berkompoten dalam hal penertiban.

“Kesepakatan kita akan mulai menertibkan APK yang tidak sesuai aturan,” tegas Budiono

Sesuai PKPU nomor 4 Tahun 2018 pasal 70 ayat 5, penurunan semestinya dilakukan oleh pasangan calon. Tapi untuk optimalisasi, kita diperintahkan untuk menginisiasi dan memfasilitasi penurunan.

Seperti diketahui, ketentuan Alat Peraga Kampanye baik ukuran dan lokasinya sudah diatur dalam PKPU dan SK KPU. Apel penurunan yang dilakukan secara serentak disemua kecamatan Se-Kabupaten Lamongan ini adalah upaya penertiban pasca ditetapkannya pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur oleh KPU dalam Pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Anhari KorDiv Pencegahan Panwascam Karanggeneng menambahkan, sebelum dilakukan apel dan penurunan, panwascam juga melakukan sosialisasi PKPU dan SK KPU tentang alat peraga kampanye.

“Kita berharap sosialisasi ini dapat bermanfaat sehingga kedepan dapat mengukuhkan sinergisitas dalam hal pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Kecamatan Karanggeneng,” tegasnya. (omdik)