Satpol PP Tertibkan APK, Masih Banyak Baner yang Terlewat

APK yang belum sempat diterbitkan satpol PP, Bawaslu dan KPU Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG: Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP), beserta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menurunkan sejumlah alat peraga kampanye (APK), di sepanjang jalan di Jombang.

Mulai dari perempatan stasiun Jombang, baner pasangan calon (paslon) Gubernur dan wakil Gubernur Saifullah-Puti, tampak diturunkan oleh petugas Satpol PP, menggunakan mobik crane milik dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“pada siang hari ini, kebetulan hari kedua tahapan kedua, satpol pp, Bawaslu dan KPU, melakukan tahapan penertiban APK,” kata Ali Arifin selaku. Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban (Kabid Trantib) Satpol PP Kabupaten Jombang, pada sejumlah jurnalis, Jumat 16 Februari 2018.

Saat disinggung mengenai adanya sejumlah APK, yang belum sempat ditertibkan, pihaknya menuturkan bahwa, pihak satpol PP hanya menjalankan tugas sesuai rekomendasi dari Bawaslu, di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan.

” hari kedua ini kita sudah memberikan himbauan pada ketua partai politik, paslon maupun tim ses, namun pada hari kedua himbauan tindak diindahkan, maka kita lakukan penertiban. Dan dalam hal ini satpol PP bekerja sesuai dengan rekomendasi KPU, maupun Bawaslu,” ujarnya.

Namun saat disinggung mengenai adanya sejumlah APK, yang belum sempat ditertibkan, dan tertinggal, pihak Satpol PP akan melakukan penertiban secara terus menerus, tentunya berdasarkan rekomendasi Bawaslu dan KPU.

“jadi kami akan terus lakukan himbauan, untuk tim ses atau partai politik mengambil APK, namun jika tidak diindahkan akan tetap kami tertibkan, seperti hari ini,” tukasnya.

Dalam penertiban yang dilakukan satpol PP, petugas mempunyai skala prioritas, yakni menurunkan sejumlah APK yang sulit untuk dijangkau.Termasuk APK milik Kofifah-Emil yang ada di perempatan Sambong.

Usai ditertibkan sejumlah APK, akan dikembalikan pada paslon, maupun tim ses paslon yang ada di Jombang.(elo)