Tahun Baru Imlek di Vihara Avalokitesvara Sepi Aktivitas

KANALINDONESIA.COM. PAMEKASAN,Tahun Baru Imlek, merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Kendati demikian, di Pamekasan Madura Jawa Tmur, Perayaan tahun baru imlek tampak sepi aktivitas karena dalam perayaannya hanya dilakukan oleh keluarga besar orang tionghoa yang berada disekitar lokasi vihara saja.

Seperti halnya yang terjadi di Vihara Avalokitesvara Desa Montok Kecamatan Larangan Pamekasan ini. Aktivitas warga tionghoa dalam melaksanakan perayaan tahun baru imlek, sejak pagi hari di lokasi setempat tampak tidak semeriah yang dirayakan pada tahun-tahun sebelumnya. Perayaan tahun baru imlek kali ini, hanya dirayakan oleh sejumlah orang saja, dari keluarga besar warga tionghoa yang berada lokasi viahara setempat.

“Saya pikir tahun ini rami karena kami kesini sedang melakukan penelitian dan kajian ilmiah untuk bahan skripsi kami, tapi nyatanya tahun ini sepi dan tampak normal speerti hari-hari biasanya,” kata UMI, Mahasiswa Pengunjung Vihara Avalokitesvara. Jumat (16/02).

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Vihara Avalokitesvara Desa Montok Kecamatan Larangan Pamekasan, Kosala. Ia mengatakan, aktivitas di vihara setempat diperayaan tahun baru imlek saat ini hanya dirayakan oleh keluarga besarnya dilingkungan vihara saja.

“Tahun ini memang tidak semeriah tahun sebelumnya, karena perayaan imlek hanya dilakukan oleh keluarga besar kami yang berada dilingkungan vihara saja,” ungkap KOSALA, Ketua Vihara Avalokitesvara Desa Montok Kecamatan Larangan Pamekasan.

Untuk perayaan imlek tahun ini, di Vihara Avalokitesvara Desa Montok Kecamatan Larangan Pamekasan hanya dilaksnakan secara sederhana oleh keluarga besar tionghoa disekitar vihara. Aktivitas yang dilaksanakan, hanyalah melakukan penyulutan lilin dan melakukan sembahyang kepada abu leluhurnya serta silaturrahmi ke rumah anggota keluarganya.(nang)