Bina Mental Siswanya, Mts Sunan Drajat Sugihwaras Lamongan Ziarah Wali

Siswa MTs Sunan Drajat Sugihwaras Kalitengah Lamongan saat ziarah di salah satu makam wali di wilayah Pantura Lamongan. Foto:omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tinggal menghitung pekan. Sejumlah sekolah dan Madrasah mulai mematangkan persiapan menghadapi ujian akhir ini. Seperti yang dilakukan keluarga besar MTs Sunan Drajat Sugihwaras Kalitengah Lamongan, Jawa Timur.

Selain menggalakkan pendalaman materi yang akan diujiankan, madrasah tsanawiyah ini menggelar istighotsah dan ziarah kubur sebagai sarana pembinaan mental pelajar. Kegiatan ziarah kali ini menuju makam Sunan Sendang Duwur, Sunan Drajat dan Makam Syeh Maulana Ishaq yang semuanya berada di wilayah pantai utara Kabupaten Lamongan, Jum’at (16/2/2018).

Kepala MTs. Sunan Drajat Sugihwaras, Drs. KH. Abdul Fattah, M. Pd.I, mengatakan, ziarah tersebut merupakan bentuk dukungan secara spritual kepada para siswa binaannya. Dalam ziarah tersebut, siswa diminta agar semakin mantab dan berani saat mengahadapi ujian nasional terutama sekarang berbasis komputer.

“Para murid didorong untuk optimis bisa menjawab soal UN dengan baik ziarah bersama ini perlu dilakukan. Agar para siswa terbina mentalnya saat menghadapi UN Nanti,” terangnya.

Dijelaskan, pihaknya juga bakal memberikan bimbingan khusus kepada para siswa yang mengikuti UN tahun ini, baik dalam hal pelajaran maupun mentalnya. Pihak madrasah berkomitmen, pengerjaan latihan soal dan melakukan dzikir bersama juga akan terus digalakkan selama akan menjelang UN berlangsung.

Selain itu, pihak madrasah berencana mengajak para siswa untuk beristighotsah setiap minggunya di aula madrasah. Dengan kegiatan ini, sekolah di bawah naungan Yayasan Ki Slamet ini mengharapkan para siswanya semakin percaya diri mengikuti UN.
“Kegiatan istighotsah akan kami lakukan terus menerus selama mendekati ujian nasional tiba,” tambahnya.(omdik)