IGB Subawanto Kadis Dispar KSB, Saatnya Membangun Isi Pariwisata KSB

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT: Kabupaten sumbawa barat kaya akan potensi pariwisatanya baik itu pariwisata pantai maupun pariwisata alamnya.Bisa Kita saksikan sendiri dari ujung selatan hingga ujung utara KSB terdapat beberapa potensi pariwisata yang indah dan sudah tidak asing lagi. Sebut saja mantar dengan sport paralayang yang sudah mendunia namanya itu.

Selain mantar terdapat juga pariwisata baru yang tak kalah menariknya dengan mantar, Kepala dinas pariwisata KSB, IGB Subawanto menyebutnya adik dari mantar, yaitu pariwisata bukit mantun. yangw berada di kecamatan maluk KSB

“Ini sangat luar biasa dan ini adik dari mantar” ucap IGB Subawanto dalam kunjungannya bersama kabit promosi dan kabid kebudayaan dan benerapa jajarannya kamarin Kamis, 15/02/2018.

Dalam kunjungannya itu Kepala dinas pariwisata, Subawanto. menekankan ke pengelola dalam hal ini pokdarwis untuk terus melakukan komunikasi dengan pemdes dan dinas yang ia pimpin itu.

“Saya rasa ini sudah bagus kedepannya. ini pariwisata berkelanjutan dan terus akan kita bina, komunikasi antara pokdarwis dan pemerintah itu sangat di perlukan agar apa yang menjadi rencana bersama bisa terlaksana sesuai nawacita Pemda KSB, utuk memajukan pariwisata sumbawa barat.” Ungkap dia.

IGB Subawanto juga menceritakan dalam kurun waktu Satu tahun masa jabatannya yang ia emban. Telah membangun kulit pariwisata, dengan melakulan promosi prompsi di tingkat nasional dan internasional. Dan ini saatnya membangun isi dari pariwisata yang ada Di kabupaten sumbawa barat. “Saya ini baru setahun sebagai kepala dinas pariwisata KSB, selama setahun itu kami telah melakukan promosi karna itu bagian dari kemajuan pariwisata yang ada di KSB. Dan sekaranglah Saatnya Kita menciptakan isi dari pariwisata itu sendiri, dengan kita mensupot dan membangun destinasi yang ada di sumbawa barat ini.” Papar Subawanto.

Ia juga menekan agar selain dari pemda, pemerintah desa setempat juga harus mendukung pembangunan pariwisata yang ada di desa masingasing. Pasalnya menurut dia, pariwisata akan bisa berkembang dan maju atas kerja sama masyarakat dan pemerintah desa.”kalau hanya mengandalkan dinas pariwisata ya gak akan bisa berkembang,” cetusnya.

“Kalau bisa desa mengangarkan untuk patiwisata 200 juta pertahun itu akan lebih cepat mendorong kemajuan pariwisata yang ada. Itu Selain anggaran dari kami.” Imbuhnya.

Sementata itu kepala desa mantun Syahril Sangat mengapresiasi yang telah di lakukan pemuda Desa Mantun, yang telah menciptakan destinasi patiwisata di desa mantun, Syahril juga menyanggupi untuk tahun ini akan di anggarkan untuk pembangunan pariwisata bukit mantun.” Saya beri 4 jempol buat teman pemuda mantun yang tak kenal lelah membangun tempat wisata ini, dan tahun depan pemdes akan menganggarkan untuk pembangunan pariwisata berlelanjutan ini.” Kata dia

“Tidak ada alasan lagi pemerintah desa maupun pemda untuk tidak memberi bantuan, karna ini sudah nyata adanya.” Imbuhnya.

Kunjungan kepala dinas pariwisata beserta jajarannya itu di sambut sederhana oleh Pokdarwis Soladiritas Pemuda Mantun (SPM) dan kepala desa Mantun. Hadir dalam acara tersebut Babinsa, Babinktibmas. Ketua RT Kepala Dusun Dan Tokoh Masyarakat desa mantun.(Awi)