Aliansi Serikat Pekerja Batu Hijau PT. AMNT Tuntut Tidak Di Rumahkan. Ini Jawaban PT AMNT

KANALINDONESIA.COM. SUMBAWA BARAT: Aliansi serikat pekerja batu hijau PT. AMNT perusaan tambang emas dan tembaga yang beroprasi di Kabupaten Sumbawa Barat, Beberapa waktu yang lalu melakukan mogok kerja bersama. Dan untuk sementara aksi mogok kerja tersebut di hentikan.

Minyikapi hal tersebut Aliansi serikat pekerja tambang batu hijau menggelar pertemuan yang di lakukan di kedai sawah komplek kemutar telu center (KTC) taliwang pada minggu 18/02/2018.

Dari hasil pertemuan tersebut. atas kesepakatan bersama, Aliansi serikat pekerja batu hijau. Bersepakat untuk tetap akan meminta semua Pekerja yang status Pool untuk dipekerjakan kembali.

Dan dalam waktu dekat ini Aliansi serikat pekerja batu hijau akan melakulan perundingan yang ke dua kalunya dengan Management PT AMNT yang rencanya akan dilakukan di Jakarta minggu ini.

Serta beberapa kesepakan bersama juga di hasilkan dalam pertemuan tersebut.

“Jika perusahaan tetap merumahkan karyawan maka status mogok kerja yang kami hentikan sementara ini.maka kami akan melanjutkan mogok kerja bersama kembali dan ini sudah menjadi kesepakatan kita bersama Aliansi” Ucap Iwan Setiawan, Ketua PUK SPAT PT. AMNT seusai acara tersebut.

Aliansi serikat pekerja batu hijau di dalam permasalahan yang terjadi, menduga ada unsur pemaksaan yang di lakukan pihakanagen PT. AMNT. Atas dugaan tersebut. di sepakati juga bersama Aliansi Serikat Pekerja Akan Menyurati Pemerintah daerah.

“Atas kesepakatan bersama aliansi serikat, kami juga akan akan bersurat ke Pengawas ( PPNS ) Nakertran Provinsi untuk melakukan penyelidikan dugaaan pidaha pemaksaan Perusahaan pada pekerja PT. AMNT.” Imbuhnya Iwan Setiawan.

Di samping itu managemen PT AMNT melalui Syarafuddin Jarot, selaku Senior Manager Social Responsibility PTAMNT menyebutkan, setelah aksi mogok kerja tidak sah dan penutupan beberapa titik akses jalan masuk ke proyek Batu Hijau pada 2 Februari lalu, yang akhirnya Aliansi Serikat Pekerja memutuskan untuk  membatalkan aksi mogok kerja bersama mereka, di hari yang sama.  Segera setelahnya, Manajemen melakukan pertemuan langsung dengan beberapa perwakilan dari Aliansi Serikat Pekerja.

“Sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk senantiasa mengedepankan hubungan industrial yang saling membangun, selama ini manajemen telah berusaha terus mengakomodasi kepentingan rekan-rekan karyawan, dan telah menyampaikan upaya-upaya komunikasi juga melalui pertemuan langsung maupun melalui surat tertulis ke Aliansi Serikat Pekerja.” Terangnya dalam rilis reaminya.

Terkait dengan merumahkan karyawan/Pool sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian, menurutnya telah sesuai dan memenuhi ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kebijakan itu merupakan langkah strategis perusahaan dan bagian dari program rasionalisasi perusahaan untuk memastikan kegiatan operasional dilakukan secara efisien dan berkesinambungan.

” Perlu disampaikan bahwa saat ini PTAMNT tengah menyelesaikan tahap akhir rencana Re-strukturisasi Tenaga Kerja (RTK) perusahaan yang bertujuan untuk mencapai jumlah tenaga kerja yang sesuai, produktif dan efisien untuk mencapai tantangan kerja PTAMNT dimasa yang akan datang. Saat ini sudah 93% dari jumlah keseluruhan karyawan yang secara sukarela telah berhasil mengikuti program RTK.” Papar syafruddin jarot.

Ia juga menambahka. Selain proses keikutsertaan RTK tersebut dilakukan secara suka rela, dapat dipastikan bahwa program RTK sudah memenuhi atau lebih baik dari ketetapan peraturan dan perundangan yang berlaku di Republik Indonesia.

“Dalam menjalankan operasinya, Manajemen PTAMNT selalu berpegang pada  peraturan dan perundangan yang berlaku, termasuk Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI dan peraturan perundangan dibidang Ketenagakerjaan. Pengalihan dan pengaturan fungsi dan peran di antara berbagai perusahaan dalam Grup Amman Mineral dilakukan dalam rangka sinergi demi menjamin kelangsungan jangka panjang operasional Batu Hijau dan pekerja serta  para pemangku kepentingan.” Tutupnya.