Dewan Dukung Swasembada Pangan

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Trenggalek , H Samsul Anam mengatakan institusinya mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Ini termasuk Nawacita Presiden Joko Widodo di bidang pertanian yang salah satunya adalah terciptanya swasembada pangan.

“Apalagi dengan Nawacita Presiden Joko Widodo di bidang pertanian yang salah satunya adalah terciptanya swasembada pangan untuk lima komoditas dalam jangka waktu lima tahun,” kata Samsul Anam menanggapi kegiatan kunjungan KEIN di Moralis penghasil produk pupuk organik yang berhome base di Desa/ Kecamatan Pogalan, Senin (19/2).

Dia mengatakan, kegiatan yang dilakukan Moralis dengan mampu memberdayakan petani hingga ribuan adalah bentuk atau ikhtiar nyata untuk mewujudkani swasembada tersebut. Samsul menilai seharusnya kebijakan impor beras dari negara tetangga tidak boleh terjadi di Indonesia. Meskipun pada saat ini terjadi kesenjangan antara kebutuhan padi dalam negeri terhadap ketersediaan padi yang dihasilkan.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi padi di tahun-tahun mendatang adalah melalui program peningkatan rasio lahan pertanian dari 0,3 hektare per kepala keluarga menjadi dua hektare per kepala keluarga,” ujarnya.

Hal itu menurut dia merupakan salah satu program yang harus terus diupayakan oleh Pemkab Trenggalek . Sehingga ke depan petani kita tidak lagi menjadi petani miskin dengan lahan terbatas.

Namun dia menilai, ke depan para petani bisa sejahtera dengan lahan yang memadai sekaligus mampu memenuhi kebutuhan padi di kabupaten  untuk berswasembada. “Harapan saya ke depan agar Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian dan Pangan  dapat terus memperhatikan para petani kita sekaligus memperhatikan bidang pertanian kita untuk mencapai cita-cita  mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” katanya.(hamzah)