Ratusan Warga Demo, Tolak Galian C Ilegal di Bareng Jombang

Alat berat yang berada di lokasi galian C ilegal Bareng Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG: Ratusan warga Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Jombang Jawa Timur, demo. Bahkan mayoritas warga yang demo adalah ibu-ibu, alhasil demo tersebut diwarnai aksi tangisan histeris ibu-ibu.

Demo ibu-ibu ini dilakukan oleh warga setempat sebagai bentuk protes dan penolakan adanya aktifitas galian C ilegal (red: tak berijin), yang merusak lingkungan.

” dampak galian C ilegal ini, merusak sawah-sawah kita,” kata Samiaji (54) warga setempat saat ditemui sejumlah jurnalis, Senin 19 Februari 2018.

Selain menolak, warga juga meminta agar lahan mereka dikembalikan seperti semula. Bahkan jika pihak penambang tidak menghiraukan tuntutan tersebut, warga akan mendatangkan masa yang lebih banyak.

” kami mintanya lahan dikembalikan seperti semula, jangan ada yang dirugikan. Dan apabila tuntutan tidak dipenuhi, kami akan mengerahkan, massa yang lebih besar lagi,” tegasnya.

Aksi yang dilakukan oleh warga ini, justru didukung oleh pihak aparat Desa setempat, karena pihak Desa juga sepakat jika aktifitas tambang ilegal tersebut berdampak pada rusaknya lahan pertanian di wilayah tersebut.

“yang jelas warga tidak menghendaki adanya galian,” ungkap Subeki selaku Kades Bareng.

Saat disinggung kenapa pihaknya mebdukung aksi warga, Subeki menuturkan, bahwa selain ditolak warga, saat dilakukan pengecekan, ternyata galian C tersebut, tidak mengantongi ijin.

” kita telusuri, ternyata tidak ada ijinnya. Bahkan saat saya tanya bu Camat, apa surat ijinnya transit di Kecamatan ternyata ngga ada, selain iti di PU juga ngga ada. Kita sendiri tidak tahu pemiliknya siapa,” tukasnya.

Sementara itu AKP Lely Bakhtiar, selaku Kapolsek Bareng, saat dikonfirmasi mengenai adanya aktifitas galian C ilegal, pihaknya menuturkan bahwa Polisi sudah lama melakukan penutupan.

” iya sudah kita pasang garis poliis line, dan ini cuaman giat rutin aja, kok mas,” pungkasnya.(elo)