Karang Taruna Putra Samudra Paciran Lamongan adakan Pengobatan Gratis

Antusias warga Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan ketika mengikuti pengobatan dan pemeriksaan gratis yang dilaksanakan oleh karang taruna desa setempat. Foto:Omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Sebanyak 360 orang antusias dalam kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang diadakan Karang Taruna Putra Samudra Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur berlokasi di Masjid At Taqwa Desa Paciran. Bakti sosial ini merupakan bentuk pengabdian dari Karang Taruna Putra Samudra untuk masyarakat sekitar melalui bidang kesehatan dan pelayanan secara gratis, Minggu (18/2/2018).

Tujuan bakti sosial ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Paciran, kemudian dapat memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma (gratis) dan meningkatkan kepedulian Karang Tarunan Paciran terhadap masyarakat Desa Paciran. Peserta acara bakti sosial kesehatan merupakan masyarakat Desa Paciran dan diutamakan yang kurang mampu.

Menurut Ketua Karang Taruna Putra Samudra, Khoirul Humam, kegiatan bakti sosial yang digelar tahun 2018 ini, sengaja digelar dalam bentuk pengobatan gratis, mengingat banyak penyakit yang ada di masyarakat muncul karena masyarakat sendiri kurang aktif dalam memeriksa kesehatannya. Pencegahan penyakit itu sebetulnya lebih utama dari pada pengobatan. Kegiatan ini bekerja sama dengan Rumah Sakir Dokter Suyudi Paciran, Puskesmas Paciran dan Rumah Sakit Arsy. Dengan ditangani oleh 3 tenaga dokter dan 10 bidan.

Pada pengobatan gratis kali ini disambut antusias masyarakat setempat. Mereka terlihat datang untuk melakukan antrean lebih awal sejak pukul 07.00 WIB, padahal kegiatan baru dimulai pada pukul 09.00 WIB.

“Kami apresiasi masyarakat Paciran kegiatan bakti sosial berjalan tertib dan aman. Mereka merasa terbantu dengan pengobatan gratis ini,” kata Humam.

Untuk keluarga besar Karang Taruna Putra Samudra sendiri berharap kegiatan bakti sosial tersebut selain sebagai ajang silaturahmi antaranggota, juga memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, salah satu bidan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, Bening Diana Widya Purwati menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat kurang mampu. Dengan adanya pengobatan dan pemeriksaan gratis ini dapat mengakomodir segala keluhan kesehatan masyarakat.

“Saya merasa senang dengan kegiatan semacam ini karena kami bisa melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan dengan turut serta dalam pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Semoga ke depannya, kegiatan semacam ini selalu ada. Dan kalau bisa dilaksanakan secara rutin,” tutur Bening. (omdik)