Angka 8 Berarti bagi PKS Trenggalek, Siap Mengulang Kemenangan untuk Pemilu 2019

KANALINDONESIA.COM/TRENGGALEK-Alhamdulillah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapatkan angka 8 (delapan) dalam undian nomor urut partai politik yang digelar KPU pusat , Minggu , (18/2) di Jakarta . Sebagai partai kader, PKS selalu siap mendapatkan nomor apapun. Karena intinya adalah perjuangan membawa aspirasi umat. Nomor urut partai hanya menambahkan pengenalan kepada masyarakat saja . Namun angka delapan memiliki arti tersendiri bagi PKS. Selain angka ini pernah dipakai di kontestasi pemilu 2009 dan mencapai kursi tertinggi di DPR , angka itu juga ada hubungannya dengan surat-surat di Al Qur’an.

Hal ini diungkapkan Subadianto, Ketua DPD PKS Kabupaten Trenggalek dalam kesempatan yang terbatas di kantor DPD PKS Kabupaten Trenggalek, Jalan WR Supratman no 53 Kelurahan Sumbergedong Trenggalek.

Menurut pria yang punya usaha Tahu asli Trenggalek ini , PKS sangat senang dengan diperolehnya nomor urut 8, karena banyak orang menganggap angka 8 itu punya hoki.

“Tentu 8 ini angka hoki. Sesuai dengan PKS, tidak ada yang menonjol di (angka) delapan itu semuanya menyatu dan sambung-menyambung antara kader pimpinan dan koalisi,” ujarnya.

Subadianto berharap angka 8 dapat memudahkan masyarakat mengingat PKS sebagai partai yang membuka diri kepada kader yang ingin berkhidmat untuk rakyatnya.

“Harapannya dapat memudahkan publik untuk ingat PKS sebagai partai yang kuat berkhidmat untuk rakyat, seperti kepesertaannya pada pemilu tahun 2014 lalu,” tandasnya.

Selain itu, Subadianto menerangkan mengenai angka 8 yang dihubungkan dengan isi surat di Alqur an . Ternyata ada beberapa ayat yang nyambung dengan angka tersebut.

Pertama, dalam Alquran surat yang kedelapan adalah surat Al Anfal. Surat ini bercerita tentang peperangan dan harta rampasan perang. Bila berkaca dengan surat Al Anfal, berarti Allah mengisyaratkan dengan angka delapan agar PKS berjuang semaksimal mungkin. Menggunakan seluruh potensi yang dimiliki dalam memenangkan pertarungan baik di pileg maupun di Pilpres. Sehingga sehabis perang nantinya akan mendapatkan ghanimah atau harta setelah perang. Jadi angka delapan mengisyaratkan kemenangan setelah bertempur.

“Semoga angka delapan berarti isyarat kemenangan,” harapnya.

Kedua, dalam hadis dikatakan ada delapan Bab al-Jannah (Pintu Surga). Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari no. 3257).

“Delapan adalah pintu surga. Semoga nomor urut delapan ini adalah isyarat bagi PKS untuk makin mendekatkan diri kepada Allah terlebih dahulu. Taat kepadanya sebelum berjuang di 2019. Sehingga kemenangan akhirat dengan masuk delapan pintu surga lebih diutamakan dibanding kemenangan di dunia. Insya Allah kemenangan akhirat dengan taat kepada Allah dan RasulNya akan selurus dengan kemenangan di pileg dan Pilpres,” terangnya.

Ketiga, bulan kedelapan dalam kalender Hijriah adalah bulan Sya’ban. Dalam hadis Rasulullah bersabda terkait bulan Sya’ban, Bulan Sya’ban, ada di antara bulan Rajab dan Ramadhan, banyak manusia yang melalaikannya. Saat itu amal manusia diangkat, maka aku suka jika amalku diangkat ketika aku sedang puasa (HR. An-Nasai, 1/322). Bulan kedelapan dalam penanggalan Islam berarti bulan diangkatnya amal. Sehingga saat menghadapi Sya’ban kita diminta berpuasa, untuk meningkatkan amal.

“Angka delapan mengindikasikan bagi kader, simpatisan, struktur, dan Aleg PKS untuk meningkatkan amal, mengoptimalkan karya bagi masyarakat dengan tema berkhidmat untuk masyarakat,” lanjutnya.

Keempat, Ada delapan golongan yang berhak menerima zakat. Dalam Alquran Allah Swt berfirman, “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk (1) orang-orang fakir, (2) orang-orang miskin, (3) pengurus-pengurus zakat, (4) para muallaf yang dibujuk hatinya, (5) untuk (memerdekaan) budak, (6) orang yang berhutang, (7) untuk jalan Allah dan (8) orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana” (At Taubah: 60).

“Angka delapan mengisyaratkan PKS untuk lebih perhatian terhadap masyarakat yang diklasifikasikan dalam delapan golongan zakat. Memperhatikan orang fakir, peduli dengan orang miskin, membantu yang berhutang, mengkafalahi pelajar yang sedang menuntut ilmu, dan lain lain,’ paparnya pula.

Kelima, angka delapan juga sangat berharmonisasi dengan alam karena mata angin di alam ini ada delapan. Ini berarti dua hal, bagi PKS ini seperti isyarat agar PKS selalu berharmonisasi dengan alam. Membumi dengan masyarakat.

“Sementara bagi kader memberikan motivasi untuk berjuang melayani masyarakat dari semua arah mata angin. Tanpa pandang bulu,” tandasnya.

Keenam, dalam sejarah PKS sendiri, nomor delapan memiliki arti penting. Waktu pertama kali berdiri, masih Partai Keadilan, nomor urut partai 24. Kemudian pertama kali berubah menjadi PKS karena tidak lolos elektoral treshold bernomor urut 16.

“Pada Pemilu 2009 mendapatkan nomor urut delapan. Saat PKS nomor delapan di pemilu 2009, angka pencapaian kursi di DPR RI tertinggi. PKS mendapatkan 57 kursi. Kemudian ketika nomor tiga menurun. Semoga dengan nomor urut delapan kembali di pileg 2019 nanti, PKS akan mengulang sejarah mendapatkan pencapaian kursi DPR tertinggi dalam sejarah partai,” ungkapnya.

Ketujuh, angka delapan juga memiliki arti penting bagi beberapa pihak. Angka delapan merupakan angka keberuntungan bagi orang China dan Jepang. Saat bayi berumur delapan bulan, merupakan waktu pertumbuhan paling aktif. Otaknya berkembang cepat. Sehingga butuh nutrisi.

“Semoga angka delapan adalah angka pertumbuhan PKS menjadi partai besar dan angka keberuntungan untuk memenangkan pileg di tahun 2019. Allahumma amin.,”pungkasnya. (hamzah)