Menpora Nilai DBL Camp 2016 Jadi Contoh Pembinaan dan Pembibitan Atlet Muda

KANALINDONESIA.COM : Perhatian terhadap pembinaan atlet olahraga dari cabang olahraga apapun terus menjadi konsentrasi Menpora Imam Nahrawi untuk memajukan olahraga di Indonesia. Hal itu ditunjukkan Menpora ketika meninjau dan meresmikan Developmental Basketball League (DBL) Camp 2016 di Kompleks DBL Arena, Ahmad Yani, Surabaya, Sabtu (3/9) pagi.
Menpora mengatakan apa yang dilakukan DBL untuk konsisten mengembangkan dunia basket di Indonesia sangat kuat sekali. “Saya senang melihat DBL Camp 2016 terus memberikan perhatian terhadap pembinaan atlet-atlet basket muda di Indonesia. Kita lihat antusias para anak-anak muda untuk mengikuti camp ini sangat luar biasa. Sebagai pemerintah kami senang dan mendukung peran DBL untuk ikut membantu pembinaan olahraga basket di Indonesia,” kata Menpora.

Baca:  Presiden Jokowi Angkat Hanif Dhakiri sebagai Plt. Menpora

“Kita memiliki bayangan atau mimpi untuk menemukan bibit muda pemain basket di Indonesia secara berjenjang. Ajang seperti DBL Camp ini saya nilai sangat tepat untuk terus melahirkan atlet basket yang profesional. Saya yakin dengan DBL Camp ini, maka olahraga basket di Indonesia bisa terus berkembang di kanca asia atau dunia,” tambah Menpora.

Developmental Basketball League (DBL) 2016 dimulai 3-6 September, pemain dan pelatih terbaik dari 25 kota 22 provinsi berkumpul di Honda DBL Camp. Itulah camp basket pelajar terbesar sebagai seleksi tim Honda DBL Indonesia All-Star 2016. Pemusatan latihan tersebut rutin digelar sejak 2008 di DBL Arena Surabaya. Saat itu, masih bernama Indonesia Development Camp yang diselenggarakan berkat kerja sama PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia bersama NBA. Dilatih langsung oleh Danny Granger, anggota tim NBA All-Star 2009.

Baca:  Menerima Ketua KONI Pusat, Menpora Bahas Penyelenggaraan PON hingga Penataan Suporter

Honda DBL Camp, merupakan tahap lanjutan dari penyelenggaraan Honda DBL 2015. Seperti tahun sebelumnya, dari 22 provinsi terpilih DBL First Team. Masing-masing berisi lima pemain putra, lima pemain putri, dan dua pelatih terbaik. Ditambah DBL Second Team dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Total lebih dari 224 student-athlete dan 52 pelatih akan mengikuti Honda DBL Camp 2016.

Agar lebih konsisten, pengelolaan Honda DBL Camp dilakukan oleh DBL Academy. Divisi baru dari PT DBL Indonesia yang berkonsentrasi pada pengembangan student-athlete. Enam pelatih basket top Australia dari World Basketball Academy (WBA) akan hadir. Dipimpin legenda basket Australia, Andrew Vlahov, WBA akan menjadi camp coordinator bersama DBL Academy. Selama lima hari para camper, sebutan peserta Honda DBL Camp, akan berlatih dan bersaing. Mereka harus bekerja keras mengerahkan kemampuan terbaik.

Baca:  Menpora Menjadi Mentor Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan

Usai melihat DBL Camp, Menpora juga mengunjungi kantor DBL dan redaksi Jawa Pos yang terletak di lantai 4 gedung Graha Pena, disitu Menpora melakukan diskusi dengan redaksi olahraga Jawa Pos untuk bicara masalah olahraga di Indonesia seperti persiapan Asian Games 2018, Hari Olahraga Nasional, hingga masalah kongres PSSI