Maraknya Kasus Video Call Mesum Anak, Emil Berharap Rancangan Regulasi Technologi Ramah Anak

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK: Maraknya penyalahgunaan gatget oleh anak usia dibawah umur akhir- akhir ini membuat kalangan orang tua resah seperti kejadian di Trenggalek.

Di Trenggalek dalam beberapa hari terakhir dihebohkan dengan munculnya vedio call mesum yang dilakukan anak usia dibawah umur dengan menyebarkannya ke puluhan anak dalam video call mesum tersebut si pelaku yg juga masih pelajar ini menunjukkan alat kelaminnya dengan cara video call kemudian menyiarjan langsung ke sejumlah korban.

Menurut data lapangan, kejadian tersebut saat ini sudah masuk ke Polres Trenggalek. Tercatat sudah 14 orang tua melaporkannya dan saat ini dalam penyidikan.

Penyalahgunaan tehnologi informasi ini tidak hanya meresahkan orang tua saja, namun bisa melanggar undang undang tentang anak.

Terkait hal tersebut, Emil Elistiano Dardak, mengatakan kasus tentang penyalahggunaan gadget pada anak tidak serta merta orang tua menyalahkannya, karena saat ini adalah jaman gadget, dimana kita tidak bisa mengabaikannya.

“Dalam kasus tersebut kita tidak bisa menyalahkan pihak- pihak tertentu, misalnya orang tua atau lembaga pendidikannya, karena kita harus sadari jika saat ini memang jamannya era gadget, disinilah kita harus bisa mengendalikannya,”terangnya.

Melihat kasus tersebut, Emil menambahkan, pemerintah bisa menekannya dengan membuat regulasi tentang gadget ramah anak, bagaimana membuat regulasi mengenai tehnologi ramah anak,”harus dibuatkan regulasi tehnologi ramah anak,dan itu bisa kita lakukan, kalau kita mau sebenarnya,”tambahnya.